Blog Details

Image

Tips Cara Membersihkan Miss V Agar Terhindar Dari Gangguan Berbahaya!

Semua wanita harus lebih memperhatikan kesehatan area kewanitaannya. Tapi bagaimana mengetahui ciri vagina yang sehat dan bagaimana cara membersihkan miss v yang tepat?

Vagina umumnya memiliki pH asam, mengandung banyak bakteri baik yang membantu menangkal infeksi, dan dapat memproduksi pelumas secara alami.

Vagina yang sehat juga mengeluarkan sejumlah kecil cairan yang kita sebut dengan keputihan. Keputihan adalah reaksi fisiologis normal - pada dasarnya pelepasan sel serviks dan vagina.

Tapi jika wanita mengalami perubahan bau vagina, perubahan warna keputihan, terasa gatal dan mengalami pembengkakan, maka sudah wajib konsultasikan bersama dokter spesialis kewanitaan atau dokter ginekologi.

Cara membersihkan miss v perlu dilakukan yang tepat dan sesuai. Pasalnya, ada banyak cara membersihkan miss v yang bisa mengakibatkan alergi, iritasi atau bahkan infeksi. Sehingga, Anda perlu hati-hati dalam merawat kesehatan vagina dengan tepat dan baik.

Tips Cara Membersihkan Miss V Reproduksi Yang Tepat Dan Baik

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan miss v dari berbagai gangguan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan:

Cara Membersihkan Miss V dengan Hindari memakai Douching

Cara membersihkan miss v tidak harus menggunakan sabun khusus atau douching miss v. Biasanya, pH vagina sekitar 3,8 hingga 4,5, tetapi douching dapat mengganggu tingkat pH vagina, mengurangi keasaman, dan mengganggu bioma vagina yang sehat dan menyebabkan infeksi bakteri.

Jika vagina Anda berbau menyengat atau tidak sedap, temui dokter spesialis Anda. Douche hanya akan menutupi bau tanpa menyembuhkan masalah yang menyebabkannya. 

Hindari penggunaan sabun atau pembersih yang keras pada vulva atau di dalam vagina, karena ini juga dapat memengaruhi keseimbangan pH yang sehat.

Menjaga pola makan sehat untuk kesehatan vagina

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi menjalani diet seimbang, bergizi, dan minum banyak air mineral adalah kunci kesehatan vagina dan reproduksi. Faktanya, makanan tertentu mungkin efektif untuk mengatasi masalah kesehatan vagina.

Seperti, makanan Yogurt berpotensi membantu mencegah infeksi jamur dan membantu perawatannya. Yogurt kaya akan probiotik, jadi jika seorang wanita rentan terhadap infeksi jamur, dengan mengkonsumsi probiotik yang kaya akan [bakteri] Lactobacillus, setiap hari dapat membantu.

cara membersihkan miss v - Konsultasi dokter ginekologi dan andrologi di klinik utama pandawa
Tips Cara Membersihkan Miss V Reproduksi Yang Tepat Dan Baik

Lakukan Seks Aman sebagai cara membersihkan miss v paling tepat

Apabila Anda sudah menjalani diet sehat, Anda juga sebaiknya mengingat tips cara membersihkan miss v agar terbebas dari bahaya secara maksimal. Yakni dengan melakukan aktivitas seksual yang aman. Karena akan percuma bila Anda sudah menjaga kesehatan dari dalam, namun tidak diiringi dengan menjaga aktifitas seks yang aman.

Menggunakan kondom - baik pria atau wanita - saat berhubungan seks membantu melindungi dari infeksi menular seksual (IMS), seperti HIV, herpes genital, sifilis, gonore, kutil kelamin, dan klamidia. 

Beberapa di antaranya, seperti HIV dan herpes genital, saat ini masih belum ditemukan obat mengusir secara permanen. Dan lainnya, seperti human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan kutil kelamin, diketahui menyebabkan kanker vagina dan kanker serviks yang berbahaya.

Anda harus mengganti kondom saat beralih dari seks oral atau anal ke seks vaginal, untuk mencegah masuknya bakteri berbahaya ke dalam vagina. 

Anda juga harus menghindari berbagi mainan seks dengan pasangan Anda, karena Anda dapat menyebarkan IMS dengan cara itu – terutama HPV. 

Selain itu, cara membersihkan miss v dapat Anda lakukan dengan buang air kecil dan membasuhnya setelah Anda berhubungan seksual. Hal ini diperlukan untuk menghindari infeksi saluran kemih ataupun infeksi menular.

Temui Dokter Ginekolog Anda

Untuk memastikan Anda melakukan cara membersihkan miss v sudah tepat atau belum, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ginekolog Anda. Melakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan vagina Anda. 

American Congress of Obstetricians and Gynecologists, merekomendasikan wanita melakukan pemeriksaan ginekologis pertama mereka pada usia 21 tahun. 

Wanita juga disarankan menjalani Pap smear mulai usia 21 tahun untuk menyaring perubahan sel vagina yang mungkin menunjukkan adanya kanker. 

Ginekolog dan banyak dokter spesialis dilatih untuk mendiagnosis penyakit dan gangguan yang dapat membahayakan vagina atau sistem reproduksi Anda secara keseluruhan.

Mengobati Infeksi Saat Muncul Secepatnya

Cara membersihkan miss v dari serangan penyakit adalah dengan segera mengobatinya sebelum makin parah.

Tiga jenis infeksi vagina yang umum: infeksi jamur, vaginosis bakteri, dan trikomoniasis. Jika Anda rentan terhadap infeksi jamur dan mengenali gejalanya, sebaiknya konsultasikan bersama dokter spesialis dan segera lakukan penanganan.

Sementara ragi adalah infeksi jamur, vaginosis bakteri disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan di vagina. Trikomoniasis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit dan ditularkan secara seksual. 

Mengobati infeksi ini sangat penting karena tidak mengobatinya dapat menyebabkan masalah kesehatan reproduksi yang tidak menyenangkan, menyakitkan, dan serius. Jika Anda sudah memiliki infeksi vagina dan kemudian terpapar HIV, Anda lebih rentan terinfeksi.

Perlu dicatat bahwa wanita yang menderita diabetes yang tidak terkontrol atau terinfeksi HIV sering kali dapat mengalami infeksi jamur berulang. 

Pilih Pakaian dengan Hati-hati agar Tetap Kering

Cara Membersihkan miss v agar terhindar dari macam gangguan adalah dengan menjaga pakaian dalam agar tetap kering.

Vagina Anda harus tetap bersih dan kering, karena apa yang Anda kenakan dapat mempengaruhinya. Beberapa jenis kain dan pakaian ketat menciptakan kondisi hangat dan lembab dimana jamur dapat tumbuh subur. 

Kenakan celana dalam katun yang dapat bernapas dan hindari jenis thong. Jika Anda rentan terhadap infeksi jamur, ganti pakaian renang yang basah dan pakaian olahraga yang berkeringat secepat mungkin.

Jika Anda mengalami banyak kotoran dan kelembaban di siang hari, bawalah dua pasang pakaian dalam setiap hari saat Anda pergi bekerja atau sekolah. Ganti pakaian dalam Anda di siang hari akan membantu Anda merasa lebih nyaman dan akan mencegah infeksi dan iritasi kulit vagina.

Jalani Kebersihan yang Baik

Akal sehat bisa sangat membantu dalam melindungi kesehatan vagina Anda. Setelah buang air kecil atau besar, bersihkan dari depan ke belakang untuk menghindari kontaminasi bakteri pada vagina dan untuk menurunkan risiko infeksi kandung kemih. 

Ganti pembalut dan tampon secara teratur selama menstruasi. Perlu diketahui, bahwa mengenakan panty liner untuk menyerap keputihan normal boleh saja selama Anda sering menggantinya, meskipun wanita yang memakainya sepanjang waktu mungkin mengalami iritasi vulva.

Untuk itu perhatikan kembali pembalut atau tampon yang Anda gunakan. Hindari kandungan alkohol & parfum yang membahayakan keasaman vagina.

Perlukah Cairan Pembersih Khusus Organ Intim?

Sebenarnya, vagina adalah organ tubuh yang mampu membersihkan dirinya sendiri melalui cairan vagina. Vagina memiliki banyak bakteri baik yang dapat menjaga keseimbangan pH di area tersebut. Hal ini berguna untuk menghalau pertumbuhan bakteri jahat dan jamur yang dapat menyerang area vagina.

Cairan pembersih organ intim wanita memang dapat membersihkan area vagina. Namun, sayangnya, kebanyakan cairan jenis ini benar-benar membersihkan semuanya, termasuk bakteri baik yang melindungi vagina.

Selain itu, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cairan pembersih vagina dapat melindungi organ intim wanita dari infeksi. Sebaliknya, produk ini mungkin bisa meningkatkan risiko infeksi.

Oleh karena itu, hindari menggunakan cairan pembersih vagina, kecuali bila dianjurkan oleh dokter. Bila ingin menggunakannya, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter ginekologi atau dokter spkk terdekat Anda.

https://youtu.be/Irdzqt-Hlg8
Simak juga: Sudah Tau Belum, Seberapa Dalam Lubang Miss V?

Kapan harus ke dokter?

Apabila sahabat pandawa menemukan keluhan setiap menggunakan sabun khusus kewanitaan, atau menemukan keanehan seperti gatal-gatal di kemaluan, di selangkangan, keputihan berbau, hingga miss v membengkak, sebaiknya segera periksa.

Pastikan ada periksa bersama dokter spesialis kulit kelamin atau ginekologi. Anda juga akan disarankan untuk tidak berhubungan seks selama menjalani pengobatan atau perawatan untuk menjaga miss v tetap sehat dan bersih.

Anda tak perlu khawatir, semakin cepat pemeriksaan, maka semakin baik pula mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai.

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy