Waspada! Penyakit Trichomoniasis Bisa Buat Wanita Susah Hamil  

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Wanita susah hamil

Sejak zaman dahulu, memiliki keturunan yang banyak memang telah menjadi dambaan bagi setiap pasangan. Jika belum atau tidak adanya momongan, terkadang masih terasa ada yang “kurang” lengkap. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seorang wanita susah hamil seperti faktor genetik, pola hidup yang kurang baik, lingkungan yang kurang mendukung, dan juga bisa disebabkan oleh penyakit dan infeksi.

Terdapat banyak sekali penyakit yang bisa menjangkit serta menginfeksi organ reproduksi wanita, mulai dari risiko yang kecil hingga risiko yang sangat besar dan berbahaya. Susah untuk hamil adalah satu dari sekian banyak dampak yang ditimbulkan dari penyakit kelamin.

Salah satu penyakit yang bisa membuat wanita susah hamil adalah trichomoniasis. Penyakit ini dapat menyerang  wanita yang mempunyai masalah pada organ reproduksinya, bahkan wanita yang sehat sekali pun dapat terjangkit. Klinik Pandawa akan membahas tentang penyakit ini beserta gejala, penyebab, dan pengobatannya. Simak terus artikel ini sampai tuntas agar bisa lebih mengenal lebih jauh tentang penyakit trichomoniasis.

 

Mengenal Trichomoniasis

Trichomoniasis adalah salah satu tipe penyakit infeksi menular yang kerapkali terjadi. Walaupun kerap dianggap tidak parah, tetapi bila didiamkan serta tanpa penyembuhan yang pas, trichomoniasis pula dapat menimbulkan komplikasi yang lain.

Penyakit trichomoniasis bisa melanda pria maupun wanita. Akan tetapi, yang sangat sering terjangkit merupakan wanita yang aktif dalam melakukan hubungan seksual. Penularan dari penyakit trichomoniasis terjalin lewat hubungan seksual. Tidak hanya ikatan seks dengan cara langsung, penjangkitan pun dapat terjadi bila kerap berbagi alat mainan seks ataupun sex toys dengan orang lain.

Masa inkubasi dari parasit pemicu trichomoniasis ini biasanya terjadi dalam bentang waktu  5 sampai dengan 28 hari sehabis infeksi terjadi.

 

Gejala Trichomoniasis

Gejala trichomoniasis berkembang dengan cara bertahap dalam durasi kurang lebih sebulan sehabis terjangkit infeksi. Pada perempuan, trichomoniasis memberikan efek pada Miss V serta saluran pembuangan air kemih ataupun uretra. Sebaliknya pada laki- laki, trichomoniasis melanda uretra, area penis semacam kulup serta kelenjar prostat. Indikasi yang dapat dirasakan antara lain sebagai berikut:

 

Gejala Trichomoniasis pada Wanita

  • Bagian bawah perut terasa sakit
  • Timbul rasa sakit ataupun tidak nyaman ketika buang air kecil ataupun berhubungan seks
  • Keputihan dapat berwarna kekuningan ataupun kehijauan serta beraroma amis
  • Muncul rasa nyeri, bengkak, serta gatal di zona kewanitaan

 

Gejala Trichomoniasis pada Pria

 

Penyebab Trichomoniasis

Trichomoniasis diakibatkan oleh parasit Trichomonas vaginalis, yang menjalar lewat hubungan intim. Parasit ini pun dapat menular melalui berbagi alat bantu seks yang tidak dibersihkan terlebih dulu.

Risiko trichomoniasis bakal meningkat pada individu seperti berikut:

  • Kerap bergonta-ganti pasangan seks
  • Tidak memakai “pengaman” atau alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan seksual
  • Sempat mengidap trichomoniasis
  • Sempat mengidap penyakit menular seks lainnya

 

Trichomoniasis Sebabkan Wanita Susah Hamil

parasit trochomniasis

Sebagian besar dari penyakit infeksi menular seksual bisa mempengaruhi probabilitas kehamilan. Tidak hanya untuk wanita, tetapi pula untuk pria. Selain mengganggu kesehatan organ reproduksi , hal tersebut diakibatkan karena beberapa tipe infeksi juga memengaruhi kualitas dari sperma.

Termasuk pula pada trichomoniasis, salah satu permasalahan yang dapat ditimbulkan oleh komplikasi penyakit ini ialah terdapatnya sumbatan pada saluran vagina. Hal itu terjadi karena adanya infeksi dan peradangan.

Tidak hanya memperkecil probabilitas peluang kehamilan, trichomoniasis pun dapat menjadi masalah apabila diderita oleh ibu hamil. Terdapat pula peningkatan risiko bayi lahir secara prematur dengan diikut bobot badan yang cukup rendah, dilansir dari Healthline. Dalam permasalahan yang jarang, infeksi pun bisa ditularkan ke anak sepanjang proses kelahiran.

 

Komplikasi Trichomoniasis

Apabila tidak ditangani, trichomoniasis dapat memicu komplikasi yang cukup serius, terlebih untuk wanita yang sedang berbadan dua. Komplikasi yang bisa terjadi merupakan anak terlahir prematur ataupun terlahir dengan bobot tubuh rendah.

Terdapat pula risiko penularan penyakit trichomoniasis kepada bayi ketika proses kelahiran. Di samping itu, trichomoniasis yang terjadi pada perempuan bisa membuat pengidapnya lebih rentan terserang infeksi virus HIV.

 

Pengobatan Trichomoniasis di Klinik Pandawa Jakarta

Seseorang dapat didiagnosis mengidap trichomoniasis apabila mengalami gejala dan indikasi di atas. Untuk memastikannya, Anda dapat mengunjungi Klinik Pandawa dan bertemu dengan dokter kami. Dokter bakal melakukan pemeriksaan fisik pada alat kelamin pasien dan mengambil sampel cairan Miss V (wanita) atau urine (pria) untuk diuji dan diteliti di laboratorium Klinik Pandawa.

Jika Anda merasakan tanda-tanda terjangkit trichomoniasis, segeralah atasi dengan mengunjungi Klinik Pandawa Jakarta. Klinik Pandawa Jakarta mempunyai dokter spesialis kulit dan kelamin yang dapat mengatasi masalah seputar kulit dan kelamin.

Bila Anda butuh informasi dan pengobatan lebih lanjut silakan konsultasikan dengan dokter kami secara online di 0821-1141-0672/ 021-62313337 SMS / WA/ telpon. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *