Vagina Nyeri pada Wanita Perlu Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
vagina nyeri pada wanita
Kondisi ini bisa menyerang wanita dari segala usia. Rasa yang diberikan Vulvodynia dapat berupa rasa bakar atau seperti ditusuk-tusuk sehingga membuat anda tidak nyaman.

 

Vulvodynia adalah radang vagina (vulva) yang cukup berbahaya dan membuat vagina nyeri. Dan terkadang rasa nyeri yang diberikan membuat Anda tak bisa duduk berlama-lama maupun berhubungan seksual. Gangguan dari Vulvodynia muncul pada bagian vagina luar dalam bentuk iritasi dan bengkak.

Gangguan vagina nyeri ini termasuk bagian dari radang kulit. Biasanya terjadi pada kulit yang memiliki rambut dan ada kelenjar minyak atau folikel. Vulvodynia terjadi di bagian vagina yang memiliki cukup banyak rambut kemaluan. Vulvodynia tak hanya menyerang bagian organ genital saja, tapi dapat juga ditemukan kasus pada rongga hidung Anda.

Baca Juga: Bahaya Penyakit Vaginitis pada Wanita

Penyebab Vulvodynia adanya faktor infeksi seperti Human Papiloma Virus (HPV), kandidiasi, dan infeksi vagina lainnya. Rasa nyeri juga bisa dirasakan hingga di daerah selangkangan. Kejang otot, gesekan saat berhubungan badan atau memiliki riwayat pelecehan seksual, alergi atau  pada kulit sensitif. Kemudian, terjadinya perubahan hormon dan infeksi jamur yang menyebabkan hipersensitivitas juga bisa menjadi kemungkinan penyebab Miss V nyeri.

Kondisi ini bisa menyerang wanita dari segala usia. Rasa yang diberikan Vulvodynia dapat berupa rasa bakar atau seperti ditusuk-tusuk sehingga membuat Anda tidak nyaman. Lalu bagaimana mencegah peradangan ini?

Berikut cara pencegahannya:

  • Pemilihan bahan. Ketika hendak membeli celana dalam carilah bahan lembut dan tidak terlalu ketat. Bila area intim Anda lembab, maka akan muncul gangguan dan menyebabkan iritasi yang makin parah.
  • Jaga kebersihan vagina. Setelah buang air kecil dan berhubungan intim baiknya Anda biasakan mandi atau bilas dengan air bersih. Jangan biarkan kotoran berada terlalu lama dan mengering.
  • Perhatikan detergen saat mencuci. Sebaiknya cari detergen yang aman dan tidak membuat bahan atau celana dalam Anda kasar atau bahkan dapat menimbulkan reaksi pada vagina Anda.
  • Hindari klorin. Zat klorin yang terdapat di dalam kolam renang akan membuat area kewanitaan Anda terasa perih.
  • Gunakan sabun dan shampoo yang aman. Gunakanlah sabun dan shampoo yang aman, berbahan lembut dan sesuai dengan tipe kulit Anda. Jangan sampai hal itu membuat kulit atau vagina Anda kering. Dan hindari penggunaan shampoo dan sabun di area yang terdampak radang vagina atau Vulvodynia.

Dalam kondisi ini Anda juga perlu mewaspadai adanya penyakit menular seksual. Bila tidak menjaga kebersihan dan kesehatan vagina bahaya lain pun mengincar Anda dan orang tersayang Anda. Seperti gonore, sifilis dan sebagainya.

Baca Juga: Bahaya Penyakit Sifilis (Raja Singa) Bisa Mematikan

Untuk mengatasi masalah vagina nyeri dan terhindar dari penyakit menular seksual lainnya, Klinik Pandawa solusinya. Ditangani dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman dibidangnya. Didukung fasilitas dan teknologi modern dan bersertifikat, Klinik Pandawa siap memberikan pelayanan ekstra untuk Anda.

Baca Juga: Penyakit Kelamin Bisa Menyerang Dua Kali, Nggak Percaya?

Segera konsultasikan bersama ahli kami di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0627 (telepon/SMS/WA) bebas biaya. Atau kunjungi klinik kami di Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No. 55. Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, 10730. Klinik Pandawa siap melayani Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *