Blog Details

Image

Vitiligo Bisa Sembuh dengan Cara Ini, Kalian Wajib Tau

Vitiligo bisa sembuh? Penyedia layanan kesehatan Anda akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan memeriksa kulit Anda, mungkin dengan lampu khusus. Evaluasi mungkin juga termasuk biopsi kulit dan tes darah.

Vitiligo
Vitiligo Bisa Sembuh di Klinik Utama Pandawa

Perlakuan Vitiligo

Pilihan pengobatan tergantung pada usia Anda, seberapa banyak kulit yang terlibat dan di mana. Lalu, seberapa cepat penyakit berkembang, dan bagaimana pengaruhnya terhadap hidup Anda.

Obat-obatan dan terapi berbasis cahaya membuat vitiligo bisa sembuh karena tersedia untuk membantu mengembalikan warna kulit atau meratakan warna kulit. Meskipun hasilnya bervariasi dan tidak dapat diprediksi.

Dan beberapa perawatan memiliki efek samping yang serius. Jadi penyedia layanan kesehatan Anda. Mungkin menyarankan agar Anda mencoba mengubah penampilan kulit Anda terlebih dahulu dengan menggunakan produk atau riasan self-tanning.

Jika Anda dan penyedia layanan kesehatan memutuskan untuk merawat kondisi Anda dengan obat, pembedahan atau terapi. Prosesnya mungkin memakan waktu berbulan-bulan untuk menilai keefektifannya.

Dan Anda mungkin harus mencoba lebih dari satu pendekatan atau kombinasi pendekatan sebelum Anda menemukan pengobatan yang paling cocok untuk Anda. Bahkan jika pengobatan berhasil untuk sementara waktu.

Hasilnya mungkin tidak bertahan lama atau tambalan baru mungkin muncul. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan obat yang dioleskan ke kulit sebagai terapi pemeliharaan untuk membantu mencegah kekambuhan.

Obat-obatan

Tidak ada obat yang dapat menghentikan proses vitiligo, hilangnya sel pigmen (melanosit). Tetapi beberapa obat, digunakan sendiri. Dalam kombinasi atau dengan terapi cahaya, dapat membantu mengembalikan warna.

Obat yang mengendalikan peradangan agar vitiligo bisa sembuh. Menerapkan krim kortikosteroid ke kulit yang terkena mungkin mengembalikan warna. Ini paling efektif ketika vitiligo masih dalam tahap awal.

Jenis krim ini efektif dan mudah digunakan, tetapi Anda mungkin tidak melihat perubahan warna kulit selama beberapa bulan. Efek samping yang mungkin timbul antara lain penipisan kulit atau munculnya guratan atau garis pada kulit Anda.

Bentuk obat yang lebih ringan dapat diresepkan untuk anak-anak dan untuk orang yang memiliki area kulit yang berubah warna. Pil atau suntikan kortikosteroid mungkin menjadi pilihan bagi orang yang kondisinya berkembang pesat.

Obat yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Salep penghambat kalsineurin, seperti tacrolimus (Protopic) atau pimecrolimus (Elidel) mungkin efektif untuk orang dengan area depigmentasi kecil, terutama pada wajah dan leher.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memperingatkan tentang kemungkinan hubungan antara obat-obatan ini dengan limfoma dan kanker kulit.

BACA JUGA: Toksoplasma Penyakit Bersumber dari Peliharaan Kesayangan Anda

Terapi Vitiligo

Terapi cahaya untuk kesembuhan vitiligo. Fototerapi dengan narrow band ultraviolet B (UVB) telah terbukti menghentikan atau memperlambat perkembangan vitiligo aktif. Ini mungkin lebih efektif bila digunakan dengan kortikosteroid atau penghambat kalsineurin.

Anda memerlukan terapi dua hingga tiga kali seminggu. Diperlukan waktu 1 hingga 3 bulan sebelum Anda melihat adanya perubahan. Dan mungkin diperlukan waktu 6 bulan atau lebih untuk mendapatkan efek penuh.

Mengingat peringatan FDA tentang kemungkinan risiko kanker kulit dengan penggunaan penghambat kalsineurin. Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang risiko dan manfaat penggunaan obat ini dengan fototerapi.

Bagi orang yang tidak dapat pergi ke klinik untuk perawatan. Vitiligo bisa sembuh dengan perangkat portabel atau genggam yang lebih kecil. Namun, untuk terapi ultraviolet B band sempit tersedia untuk digunakan di rumah.

Perlu diketahui, hal tersebut harus dibicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang opsi ini juga jika diperlukan. Efek samping yang mungkin timbul dari terapi ultraviolet B pita sempit meliputi kemerahan, gatal, dan rasa terbakar.

Efek samping ini biasanya hilang dalam beberapa jam setelah perawatan. Menggabungkan psoralen dan terapi cahaya. Perawatan ini menggabungkan zat yang berasal dari tumbuhan yang disebut psoralen dengan terapi cahaya (fotokemoterapi).

Hal itu untuk mengembalikan warna pada bercak cahaya. Setelah Anda meminum psoralen atau mengoleskannya ke kulit yang terkena, Anda terpapar sinar ultraviolet A (UVA). Pendekatan ini, meskipun efektif, lebih sulit untuk diberikan.

Dan telah digantikan dalam banyak praktik dengan terapi UVB pita sempit. Menghilangkan sisa warna (depigmentasi). Terapi ini dapat menjadi pilihan jika vitiligo Anda tersebar luas dan pengobatan lain tidak berhasil.

Agen depigmenting diterapkan pada area kulit yang tidak terpengaruh. Ini secara bertahap mencerahkan kulit sehingga menyatu dengan area yang berubah warna. Terapi dilakukan sekali atau dua kali sehari selama sembilan bulan atau lebih.

Efek sampingnya bisa berupa kemerahan, bengkak, gatal, dan kulit yang sangat kering. Depigmentasi bersifat permanen.

Operasi Vitiligo

Jika terapi cahaya dan pengobatan tidak berhasil, beberapa orang dengan penyakit yang stabil mungkin menjadi kandidat untuk operasi. Teknik berikut dimaksudkan untuk meratakan warna kulit dengan mengembalikan warna:

Pencangkokan Kulit. Dalam prosedur ini, dokter Anda memindahkan sebagian kecil dari kulit Anda yang sehat dan berpigmen ke area yang telah kehilangan pigmennya. Prosedur ini demi mengembalikan warna dan vitiligo bisa sembuh.

Prosedur ini terkadang digunakan jika Anda memiliki bercak kecil vitiligo. Risiko yang mungkin terjadi antara lain infeksi, jaringan parut, penampilan seperti batu bulat, warna jerawatan, dan kegagalan area untuk berubah warna.

Pencangkokan Blister. Dalam prosedur ini, dokter Anda membuat lepuh pada kulit berpigmen Anda, biasanya dengan penyedotan, dan kemudian mentransplantasikan bagian atas lepuh ke kulit yang berubah warna.

Risiko yang mungkin terjadi termasuk jaringan parut, penampilan batu bulat, dan kegagalan area untuk berubah warna. Dan kerusakan kulit yang disebabkan oleh penyedotan dapat memicu bercak vitiligo lainnya.

Transplantasi Suspensi Seluler. Dalam prosedur ini, dokter Anda mengambil beberapa jaringan pada kulit berpigmen Anda. Memasukkan sel ke dalam larutan dan kemudian mentransplantasikannya ke area yang terkena.

Hasil dari prosedur repigmentasi ini mulai terlihat dalam waktu empat minggu. Kemungkinan risiko termasuk jaringan parut, infeksi dan warna kulit tidak merata.

https://www.youtube.com/watch?v=jDHpKggYorc&t=6s

Perawatan potensial di masa depan

Perawatan yang sedang dipelajari meliputi:

Obat untuk merangsang sel penghasil warna (melanosit). Disebut afamelanotide, perawatan potensial ini ditanamkan di bawah kulit untuk meningkatkan pertumbuhan melanosit.

Obat yang membantu mengendalikan melanoctyes.

Prostaglandin E2 sedang diuji sebagai cara mengembalikan warna kulit pada penderita vitiligo yang tidak meluas atau menyebar. Ini diterapkan pada kulit sebagai gel.

BACA JUGA: Ketahui Keunggulan dan Manfaat Sunat Laser yang Kamu Dapatkan

Rekomendasi Klinik Terbaik di Jakarta

Jika Anda mengalami vitiligo nampaknya tidak perlu khawatir karena akan kami akan beri kontak yang tepat dan langkah mudah untuk menghubungi Klinik Utama Pandawa. Anda bisa hubungi kontak kami di nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp.

Bukan cuma itu, Anda bisa datang ke klinik terbaik, dengan langsung ke alamat Klinik Utama Pandawa. Dokter spesialis Jakarta, Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No.55, RT.1/RW.9, Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy