WASPADAI FOLIKULITIS SAAT BANJIR

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Folikulitis adalah peradangan pada selubung akar rambut (folikel) yang umumnya disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Folikulitis timbul sebagai bintik -bintik kecil di sekeliling folikel rambut. Sebagian besar infeksi hanya superfisial, yang hanya mempengaruhi bagian atas folikelnya. Biasanya gatal dan jarang menimbulkan keluhan sakit. Folikulitis dapat terjadi hampir pada seluruh tubuh dimana lebih sering terjadi pada kulit kepala, dagu, ketiak dan extremitas. Folikulitis seringkali di awali dengan kerusakan folikel rambut sebagai akibat dari penyumbatan folikel rambut, gesekan pakaian ataupun bercukur. Sekali cedera folikel akan lebih
mudah terinfeksi oleh bakteri, ragi, ataupun jamur.

Berdasarkan lokasinya dalam jaringan, folikulitis terbagi atas 2 jenis yaitu :

  1. Folikulitis superfisialis
    Folikulitis Superfisialis adalah radang folikel rambut dengan pustul berdinding tipis pada orifisium folikel yang terbatas pada epidermis.
  2. Folikulitis Profunda
    Folikulitis Profunda adalah radang folikel rambut dengan pustul perifolikular kronik yang di tandai dengan adanya papul, pustul dan sering terjadi rekurensi, merupakan folikulitis piogenik dengn infeksi yang meluas kedalam folikel rambut sampai subkutan.

Folikulitis dapat mengenai semua umur, tetapi lebih sering di jumpai pada anak -anak dan folikulitis juga tidak di pengaruhi oleh jenis kelamin. Jadi pria dan wanita memiliki angka resiko yang sama untuk terkena folikulitis, dan folkulitis lebih sering timbul pada daerah panas atau beriklim tropis. Folikulitis juga kerap menyerang saat terjadi banjir. Pada kasus yang parah, kondisi ini dapat menyebabkan kerontokan dan bekas luka permanen. Jika seandainya kondisinya ringan, gejala umumnya akan hilang dalam beberapa hari dengan perawatan rumahan. Namun, untuk kasus folikulitis yang lebih serius atau berulang, Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk diberikan pengobatan yang sesuai.

Penyebab Folikulitis

Apa penyebab folikulitis? Kondisi ini paling sering kali muncul akibat pengaruh infeksi pada folikel rambut yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus (staph). Infeksi muncul saat folikel rambut rusak atau terluka sehingga kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam dan menyebabkan infeksi. Selain itu, penyakit kulit ini juga dapat disebabkan oleh virus, jamur dan peradangan dari rambut yang tumbuh ke dalam.

Adapun hal-hal yang dapat merusak folikel rambut adalah :

  1. Sering kali menggaruk kulit
  2. Sering kali menggunakan pakaian yang terlalu ketat
  3. Bercukur

Gejala Klinis

Secara umum folikulitis menimbulkan rasa gatal seperti terbakar pada daerah rambut. Gejala konstitusional yang sedang juga dapat muncul pada folikulitis seperti badan panas, malaise dan mual. Pada folikulitis superfisialis gambaran klinisnya ditandai dengan timbulnya rasa gatal dan agak nyeri, tetapi biasanya tidak terlalu menyakitkan hanya seperti gigitan serangga, tergores atau akibat garukan dan trauma kulit lainnya. Folikulitis superfisialis ini dapat sembuh sendiri setelah beberapa hari tanpa meninggalkan jaringan parut. Pada folikulitis profunda gambaran klinisnya hampir sama seperti folikulitis superfisialis. Folikulitis profunda ini terasa sangat gatal yang di sertai rasa terbakar serta teraba infiltrat di subkutan yang akhirnya dapat meninggalkan jaringan parut apabila telah sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami