Waspadai Kencing Berdarah dan Nyeri Terus Menerus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Kencing Berdarah
warna urin memang bisa berubah-ubah tergantung dari apa yang kita makan atau minum

Apa Kamu sedang mengalami nyeri saat kencing dan berdarah? Sakit dan perih saat kencing jangan Kamu sepelekan.

Kencing berdarah (Hematuria) bisa terjadi oleh siapa saja. Tidak melulu kencing berdarah terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Pada wanita yang sedang menstruasi kencing berdarah adalah hal yang umum bila ada darah saat buang air kecil. Berbeda dengan kasus lain bila Kamu tiba-tiba mengalami hematuria. Kencing berdarah bukanlah hal yang normal, dan perlu Kamu waspadai.

Baik wanita maupun pria dapat mengalaminya. Kencing berdarah bisa menjadi pertanda adanya masalah pada ginjal, saluran kencing atau prostat, di mana ada sel darah dalam urin Kamu.

Kenali Warna Urin

Pada urin normal tidak ada yang mengandung sel darah, namun dalam hematuria, urin berwarna merah muda hingga merah cenderung kecokelatan. Pada beberapa kasus, keluarnya cairan urin juga ditemukan gumpalan gumpalan darah yang dapat membuat Kamu kesulitan sekaligus kesakitan.

Di beberapa hal, warna urin memang bisa berubah-ubah tergantung dari apa yang kita makan atau minum. Makanan tertentu yang memiliki warna pekat, pemenuhan kecukupan air putih dan rutinnya berolahraga bisa menjadi faktor berubahnya warna urin dalam waktu sementara.

Begitu juga bisa disebabkan karena konsumsi beberapa obat-obatan. Tapi akan berbeda bila Kamu tiba-tiba mengalami nyeri pada perut, kesakitan saat kencing hingga mengeluarkan darah. Kamu perlu mewaspadai.

Hematuria atau Kencing Berdarah

Hematuria atau kencing berdarah dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu

gross hematuria dan hematuria miskroskopis. Gross hematuria sendiri dapat terlihat dengan mata. Sedangkan hematuria miskroskopis tidak bisa dilihat oleh kasat mata dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Karena itu pengidap perlu untuk memeriksakan dirinya dengan berbagai tes sehingga dapat diketahui masalahnya.

Adapun beberapa indikasi atau penyebab Kamu mengalami Kencing Berdarah, sebagai berikut;

Infeksi saluran kemih (ISK). Adalah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, seperti ginjal, ureter, kantung kemih dan uretra mengalami infeksi. Pada wanita akan terasa sakit pada bagian panggul. Sedangkan pada pria, pada bagian rektal atau dubur. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang masuk pada saluran kemih melalui uretra.

Hal yang bisa meningkatkan risiko Kamu terkena infeksi saluran kemih, antara lain kehamilan, pembesaran prostat, usia lanjut, diabetes dan batu ginjal.

Peradangan pada saluran kemih. Peradangan pada saluran kemih atau uretra disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore dan sifilis. Pengidap biasanya merasakan rasa sakit ketika buang air kecil dan bau urin yang menyengat.

Glomerulonefritis. Atau pendarahan pada glomerulus bisa menyebabkan kencing berdarah. Glomerulus sendiri adalah jaringan kapiler penyusun ginjal yang berfungsi sebagai penyaring pertama dalam proses pembuatan urin. Jadi, jika ada masalah dengan glomerulus disitulah munculnya air seni Kamu mengeluarkan darah.

Pembengkakan kelenjar prostat. Terjadi pada pria usia lanjut dan berada di antara penis dan kantung kemih.  Gejalanya adalah sering buang air kecil namun sulit ketika membuangnya dan mengosongkan kantung kemih.

Jarang minum air mineral. Semakin jarang Kamu minum air mineral maka akan semakin sedikit pula persediaan cairan dalam tubuh yang membantu menetralkan kandungan garam pada urin Kamu. Akibatnya, terjadilah penumpukan dan pembentukan batuan. Maka dari itu cukupi kebutuhan air minum pada umumnya sebanyak 8 gelas per hari.

Dengan demikian, sebaiknya Kamu perlu memperhatikan warna urin Kamu sedini mungkin. Bila sudah bewarna kuning pekat menjadi tKamu Kamu kurang minum dan biasakan untuk tidak menahan buang air kecil.

Selain pencegahan diatas juga perlu berkonsultasi kepada ahlinya bilamana Kamu merasakan kencing berdarah dan juga nyeri secara berlebihan. Konsultasikan bersama Klinik Pandawa. Klinik Pandawa spesialis kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta. Didukung dengan tenaga medis dibidangnya, fasilitas memadai dan teknologi yang modern.

Apabila kamu butuh informasi lebih lanjut seputar kulit dan kelamin, segera konsultasikan bersama kami di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0627 (telepon/SMS/WA) tanpa dipungut biaya. Klinik Pandawa siap melayani.