Autoimun - Sistem Kekebalan Tubuh

  • Home
  • Autoimun - Sistem Kekebalan Tubuh

Penyakit Autoimun | Masalah Sistem Kekebalan Tubuh

Autoimun atau Sistem Kekebalan Tubuh

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh. Sedangkan sistem kekebalan tubuh, seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit dan sel jahat, seperti bakteri maupun virus.

Konsultasi & Reservasi Sekarang

Autoimun - Sistem Kekebalan Tubuh

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Ada lebih dari 80 penyakit yang digolongkan penyakit autoimun. Beberapa penyakit di antaranya memiliki gejala serupa, seperti lelah, nyeri otot, dan demam.

Normalnya, sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Ketika terserang organisme asing, sistem kekebalan tubuh akan melepas protein yang disebut antibodi untuk melawan dan mencegah terjadinya penyakit.

Konsultasi Online

Penyebab Penyakit Autoimun

Belum diketahui secara persis apa yang menyebabkan autoimun. Menurut sebuah studi 2014, wanita lebih rentan mengalami penyakit autoimun dibandingkan pria. Sering kali penyakit dimulai selama tahun-tahun subur seorang wanita, yaitu usia 15-44 tahun.

Penyebab penyakit autoimun belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit autoimun, yaitu:

  • Memiliki riwayat penyakit autoimun dalam keluarga
  • Menderita infeksi bakteri atau virus, misalnya infeksi virus Epstein Barr
  • Terkena paparan bahan kimia, seperti asbes, merkuri, dioksin, atau pestisida
  • Merokok
  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas

Konsultasi Online

Faktor Risiko Penyakit Autoimun

Para ahli masih belum menemukan penyebab pasti dari autoimun sampai saat ini. Namun, terdapat beragam faktor yang menyebabkan seseorang berisiko untuk mengidap penyakit autoimun, seperti:

  • Genetik atau keturunan. Faktor genetik merupakan faktor risiko utama yang bisa menimbulkan penyakit autoimun. Meski demikian, faktor ini bukan satu-satunya yang bisa memicu reaksi kekebalan tubuh.
  • Lingkungan. Faktor lingkungan merupakan salah satu faktor penting yang memicu timbulnya penyakit autoimun. Faktor lingkungan mencakup paparan zat tertentu, seperti asbes, merkuri, perak, dan emas, pola hidup yang berantakan serta pola makan yang kurang sehat.
  • Perubahan hormon. Faktor perubahan hormon menjadi salah satu penyebab penyakit autoimun. Seperti contohnya, penyakit autoimun sering menyerang ibu setelah melahirkan. Hal tersebut menimbulkan asumsi bahwa perubahan hormon memiliki korelasi dengan penyakit autoimun. Misalkan ketika seorang wanita hamil, melahirkan anak, atau ketika mengalami menopause.
  • Infeksi. Umumnya, penyakit autoimun sering dikaitkan dengan terjadinya gejala infeksi. Hal tersebut dianggap wajar karena gejala penyakit autoimun sebagian besar, diperburuk oleh infeksi tertentu.
  • Jenis kelamin. Sekitar tiga perempat orang dengan gangguan autoimun adalah wanita.

Konsultasi Online

Komplikasi Penyakit Autoimun

Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius berupa:

  • Penyakit jantung.
  • Depresi dan gangguan kecemasan.
  • Kerusakan saraf.
  • Deep vein thrombosis.
  • Kerusakan organ, seperti hati atau ginjal.

Konsultasi Online

Gejala Penyakit Autoimun

Meski menimbulkan beberapa gejala awal yang sama, masing-masing penyakit autoimun tetap memiliki gejala spesifik, seperti diabetes tipe 1 yang gejalanya berupa sering haus, lemas, dan berat badan menurun drastis.

Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit autoimun dan gejalanya:

Selain itu, penyakit autoimun dapat memiliki gejala uniknya sendiri. Misalnya, diabetes tipe 1 menyebabkan rasa haus yang ekstrem, penurunan berat badan, dan kelelahan.

Sementara itu, penyakit autoimun psoriasis gejalanya bisa datang dan pergi. Saat gejala datang disebut flare-up, sedangkan saat gejala hilang disebut remisi.

Konsultasi Online

Hubungi Dokter?

Konsultasikan segera apabila mengalami gejala atau keluhan yang telah disebutkan agar kondisi tidak menjadi buruk dan terhindar dari Komplikasi.

Image

Pengobatan Penyakit Autoimun

Sebagian besar penyakit yang tergolong penyakit autoimun belum dapat disembuhkan, tetapi gejala yang timbul dapat diringankan dan dicegah agar tidak terjadi flare.

Pengobatan untuk menangani penyakit autoimun tergantung pada jenis penyakit yang diderita, gejala yang dirasakan, dan tingkat keparahannya. Metode penanganannya antara lain:

  • Obat-obatan yang dapat diberikan untuk menangani penyakit autoimun
  • Terapi pengganti hormon dilakukan jika pasien menderita penyakit autoimun yang menghambat produksi hormon di dalam tubuh. Contohnya, pemberian suntik insulin untuk mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1, atau pemberian hormon tiroid bagi penderita tiroiditis.

Konsultasi Online

Diagnosis Penyakit Autoimun

Untuk mendiagnosis penyakit autoimun, dokter akan melakukan tanya jawab seputar gejala dan riwayat kesehatan pasien, serta riwayat penyakit di dalam keluarga pasien. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Tidak mudah bagi dokter untuk mendiagnosis penyakit autoimun. Meski setiap penyakit autoimun memiliki ciri khas, tetapi gejala yang muncul bisa sama. Oleh karena itu, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan penunjang berikut ini untuk memastikan diagnosis:

  • Pemeriksaan Fisik.
  • Riwayat kesehatan.
  • Sinar-X.
  • Tes ANA (antinuclear antibody), untuk mengetahui aktivitas antibodi yang menyerang tubuh
  • Tes autoantibodi, untuk mendeteksi karakteristik antibodi dalam tubuh
  • Tes darah lengkap, untuk menghitung jumlah sel darah merah dan sel darah putih
  • Tes C-Reactive protein, untuk mendeteksi peradangan dalam tubuh
  • Tes sedimentasi eritrosit, untuk mengetahui tingkat keparahan peradangan yang terjadi di dalam tubuh

Konsultasi Online

Fasilitas Klinik

Memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kinerja & pelayanan tenaga medis dalam penanganan pasien.

Tenaga Medis Profesional

Peralatan Medis Moderen

Ruang Tindakan

Apotek Tersedia

Laboratorium Lengkap

Visi

Menjadi klinik modern dan profesional yang berdedikasi, berkomitmen dan berintegritas terhadap pelayanan kesehatan setiap individu disetiapkota di Indonesia.

Misi

Memberikan pelayanan kesehatan yang prima, modern dan profesional dengan mengutamakan hati dan kasih sayang terhadap pasien dengan menjunjung tinggi privasi, hak dan kewajiban pasien.

Motto

Dalam pengabdian kepada masyarakat sangat penting berpegang pada motto Perhatian, Proaktif dan Ramah untuk mewujudkan cita-cita sebagai Klinik Spesialis dan Laboratorium yang peduli terhadap Kesehatan Masyarakat.

Reservasi & Konsultasi Dokter Online

TESTIMONI

Prioritas kami memberikan
pelayanan terbaik.

LEGALITAS

Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

FASILITAS KLINIK UTAMA PANDAWA

image
image
image
image
image
KLINIK UTAMA PANDAWA

No 1 Di Indonesia

Klinik Utama Pandawa merupakan klinik moderen dengan tenaga medis yang berpengalaman dan profesional, dengan pilihan layanan medis Spesialis Kulit & Kelamin, Spesialis Estetika & Anti Aging, Spesialis Gigi & Mulut, Spesialis Ginecologi, Spesialis Andrologi dan Spesialis Bedah. Kepuasaan dan kesembuhan pasien menjadi prioritas kami.

Jaminan Harga & Kualitas

KLINIK UTAMA PANDAWA siap memberikan jaminan harga, kualitas dan kerahasiaan rekam medis pasien. Kami bekerja secara professional dan berintegritas terhadap semua pasien serta mematuhi semua peraturan dan perundang-undangan medis atau kedokteran indonesia.

Tenaga Medis Profesional

KLINIK UTAMA PANDAWA memiliki Dokter ahli dan berpengalaman di bidangnya serta professional, perawat yang tersertifikasi dan professional, peralatan medis lengkap dan modern, laboratorium, apotik, penunjang medis USG, rontgen, dan lain-lain.

Berdiri Sejak 2012

KLINIK UTAMA PANDAWA didirikan oleh beberapa dokter yang berpengalaman, ahli dan konsen di kasus-kasus yang berhubungan dengan penyakit andrologi, ginekologi, bedah, kulit dan kelamin.

Fasilitas Lengkap

KLINIK UTAMA PANDAWA memiliki ruangan pemeriksaan, ruangan operasi, ruangan kolposkopi, ruangan infus / suntik, ruang tunggu, ruangan apotik, ruangan laboratorium, ruangan USG, dan lain-lain yang semua ruangan terpasang AC. Selain itu berada di pusat perbelanjaan dan perkantoran, mall manga dua square dan mall lainnya, berada dipinggir jalan raya, berada di office building gedung baja yang nyaman, dekat dengan stasiun kereta api, bus way, bandara soetta.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy