Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika sistem kemih mengalami infeksi. Bisa di bagian ureter, ginjal, kandung kemih, dan juga uretra. Umumnya, infeksi tersebut menyerang dua bagian, yaitu uretra dan juga kandung kemih.

Meski bisa terjadi pada siapa saja, infeksi ini lebih rentan terjadi pada wanita. Selain itu, infeksi ini dapat menyerang bagian yang lebih dalam dan paling umum yang terjadi adalah infeksi kandung kemih (cystitis).

Penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyebab dari infeksi saluran kemih adalah bakteri yang menginfeksi salah satu bagian dari sistem kemih. Jenis bakteri yang paling sering jadi penyebab infeksi ini adalah E. coli.

Namun, ada beberapa jenis bakteri lain yang juga bisa jadi penyebab penyakit ini. Seperti Klebsiella, Pseudomonas, dan Staphylococcus saprophyticus.

Penyakit ini dapat terjadi saat bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra dan berkembang di kandung kemih. Meskipun sistem kemih berfungsi mencegah bakteri masuk dari uretra, terkadang bisa saja tetap terjadi.

Komplikasi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi yang tidak segera diatasi dapat memicu terjadinya urosepsis, yaitu kondisi ketika bakteri di ginjal yang terinfeksi menyebar ke darah. Hal ini dapat menyebabkan banyak dampak buruk, seperti syok hingga kematian. Selain itu, dalam beberapa kasus infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan:

  • Kerusakan ginjal permanen, jika bakteri menyebar hingga ke ginjal.
  • ISK berulang (kambuh) dalam kurun waktu 6 bulan atau hingga 4 kali dalam setahun.
  • Striktur uretra atau penyempitan saluran kencing.
  • Kelahiran prematur dan bayi terlahir dengan berat badan lahir rendah jika ISK dialami oleh wanita hamil.
  • Sepsis, yaitu kondisi ketika bakteri penyebab ISK (biasanya yang menyebar hingga ke ginjal) masuk ke aliran darah dan menyebabkan respons tubuh yang bisa berakibat fatal

Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih

Hubungi Dokter?

Konsultasikan segera apabila mengalami gejala atau keluhan yang telah disebutkan agar kondisi tidak menjadi buruk dan terhindar dari Komplikasi.

Image

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat ditandai dengan sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil tapi urine yang keluar sedikit, dan warna urine keruh atau merah karena adanya darah. Bila tidak diobati, infeksi yang telah mencapai ginjal dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Bahkan, tidak menutup kemungkinan infeksi akan menyebar dan menyebabkan respons peradangan di seluruh tubuh.

Diagnosis Infeksi Saluran Kemih

Beberapa tes dan prosedur yang bisa digunakan untuk mendiagnosis infeksi saluran kemih, yaitu:

  • Melakukan urinalisis, yaitu menganalisis sampel urine, untuk mencari sel darah putih, sel darah merah, atau bakteri.
  • Melakukan kultur urine yang berguna menentukan jenis bakteri yang ada untuk menentukan perawatan yang tepat.
  • Tes Pencitraan. Dokter bisa merekomendasikan USG, CT scan, atau MRI untuk melihat gambar saluran kemih pengidap.
  • Melakukan sistoskopi, pemeriksaan menggunakan alat khusus yang dimasukkan dari uretra untuk melihat ke dalam kandung kemih.


Konsultasi Online

Fasilitas Klinik

Memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kinerja & pelayanan tenaga medis dalam penanganan pasien.

Tenaga Medis Profesional

Peralatan Medis Moderen

Ruang Tindakan

Apotek Tersedia

Laboratorium Lengkap

Visi

Menjadi klinik modern dan profesional yang berdedikasi, berkomitmen dan berintegritas terhadap pelayanan kesehatan setiap individu disetiapkota di Indonesia.

Misi

Memberikan pelayanan kesehatan yang prima, modern dan profesional dengan mengutamakan hati dan kasih sayang terhadap pasien dengan menjunjung tinggi privasi, hak dan kewajiban pasien.

Motto

Dalam pengabdian kepada masyarakat sangat penting berpegang pada motto Perhatian, Proaktif dan Ramah untuk mewujudkan cita-cita sebagai Klinik Spesialis dan Laboratorium yang peduli terhadap Kesehatan Masyarakat.

Reservasi & Konsultasi Dokter Online

TESTIMONI

Prioritas kami memberikan
pelayanan terbaik.

LEGALITAS

Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

FASILITAS KLINIK UTAMA PANDAWA

image
image
image
image
image
KLINIK UTAMA PANDAWA

No 1 Di Indonesia

Klinik Utama Pandawa merupakan klinik moderen dengan tenaga medis yang berpengalaman dan profesional, dengan pilihan layanan medis Spesialis Kulit & Kelamin, Spesialis Estetika & Anti Aging, Spesialis Gigi & Mulut, Spesialis Ginecologi, Spesialis Andrologi dan Spesialis Bedah. Kepuasaan dan kesembuhan pasien menjadi prioritas kami.

Jaminan Harga & Kualitas

KLINIK UTAMA PANDAWA siap memberikan jaminan harga, kualitas dan kerahasiaan rekam medis pasien. Kami bekerja secara professional dan berintegritas terhadap semua pasien serta mematuhi semua peraturan dan perundang-undangan medis atau kedokteran indonesia.

Tenaga Medis Profesional

KLINIK UTAMA PANDAWA memiliki Dokter ahli dan berpengalaman di bidangnya serta professional, perawat yang tersertifikasi dan professional, peralatan medis lengkap dan modern, laboratorium, apotik, penunjang medis USG, rontgen, dan lain-lain.

Berdiri Sejak 2012

KLINIK UTAMA PANDAWA didirikan oleh beberapa dokter yang berpengalaman, ahli dan konsen di kasus-kasus yang berhubungan dengan penyakit andrologi, ginekologi, bedah, kulit dan kelamin.

Fasilitas Lengkap

KLINIK UTAMA PANDAWA memiliki ruangan pemeriksaan, ruangan operasi, ruangan kolposkopi, ruangan infus / suntik, ruang tunggu, ruangan apotik, ruangan laboratorium, ruangan USG, dan lain-lain yang semua ruangan terpasang AC. Selain itu berada di pusat perbelanjaan dan perkantoran, mall manga dua square dan mall lainnya, berada dipinggir jalan raya, berada di office building gedung baja yang nyaman, dekat dengan stasiun kereta api, bus way, bandara soetta.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy