Molluscum Contagiosum

Molluscum Contagiosum

Molluscum contagiosum adalah infeksi yang terjadi karena virus pox. Infeksi ini bersifat lokal dan kronis, tetapi tidak membahayakan alias jinak. Infeksi ditandai dengan munculnya gangguan lesi ringan pada kulit yang dapat terjadi pada bagian tubuh manapun. Molluscum contagiosum biasanya dapat sembuh dalam waktu antara 6 sampai 12 bulan tanpa terbentuk jaringan parut. Akan tetapi, bekas luka bisa bertahan hingga 4 tahun sebelum menghilang secara sempurna.

Konsultasi & Reservasi Sekarang

Molluscum Contagiosum

Penyakit molluscum contagiosum atau moluskum kontagiosum adalah infeksi virus yang menyebabkan tumbuhnya bintil di kulit. Bintil tersebut biasanya tidak terasa nyeri, tetapi menimbulkan rasa gatal.

Konsultasi Online

Komplikasi Molluscum Contagiosum

Meski bersifat ringan dan dapat membaik dengan sendirinya, molluscum contagiosum juga dapat memicu terjadinya komplikasi, yaitu:

  • Konjungtivitis atau peradangan yang terjadi pada selaput yang bertugas untuk melapisi mata.
  • Keratitis atau infeksi pada kornea yang terjadi jika bintil muncul di kelopak mata.
  • Munculnya bekas luka atau jaringan parut atau di kulit.
  • Area kulit di sekitar lesi akan mengalami kemerahan dan meradang karena infeksi bakteri.

Konsultasi Online

Penyebab Molluscum Contagiosum

Virus pox yang merupakan penyebab penyakit molluscum contagiosum menyebar secara langsung dari orang ke orang melalui kontak fisik atau melalui vomit (benda mati yang dapat digunakan sebagai inang oleh virus).

Virus ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya karena bersentuhan atau pengidap menggaruk lesi yang ada lalu menyentuh bagian tubuh lainnya. Penyebaran ini disebut dengan autoinokulasi. Bercukur menjadi salah satu aktivitas yang bisa memicu terjadinya autoinokulasi.

Konsultasi Online

Gejala Molluscum Contagiosum

Lesi pada molluscum contagiosum dikenal sebagai moluska yang merupakan lesi berbentuk kubah yang muncul pada kulit. Lesi ini dapat berwarna putih, merah muda atau serupa dengan warna kulit, dan disertai dengan adanya lesung atau lubang pada bagian tengahnya. Lesi moluska umumnya berukuran kecil dengan diameter sekitar 2 hingga 5 milimeter.
Moluska sering memiliki penampakan yang berkilau dengan konsistensi halus dan padat. Lesi dapat menjadi gatal, nyeri, merah, dan membengkak. Lesi dapat muncul pada seluruh bagian tubuh, yakni wajah, leher, lengan, kaki, perut, daerah kemaluan, baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Meski begitu, moluska jarang ditemukan pada telapak tangan atau kaki. Jumlah bintil yang tumbuh biasanya sekitar 20-30, tetapi pada orang dengan kekebalan tubuh rendah, jumlahnya bisa lebih banyak.

Konsultasi Online

Hubungi Dokter?

Konsultasikan segera apabila mengalami gejala atau keluhan yang telah disebutkan agar kondisi tidak menjadi buruk dan terhindar dari Komplikasi.

Image

Diagnosis Molluscum Contagiosum

Diagnosis molluscum contagiosum dapat ditegakkan melalui anamnesis dan melalui pemeriksaan fisik. Pemeriksaan meliputi pengecekan status lokalis dengan mengamati penampakan dan karakteristik lesi secara detail. Jika dibutuhkan, dapat dilakukan pemeriksaan darah lengkap atau histologi dengan menggunakan mikroskop untuk membantu mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

Konsultasi Online

Penanganan Molluscum Contagiosum

Umumnya dokter tidak menyarankan pengobatan pada pasien yang masih anak-anak, karena pengobatan bisa terasa menyakitkan bagi anak serta menimbulkan kerusakan dan bekas luka di sekitar area bintil. namun pada anak-anak bintil cenderung akan hilang dengan sendirinya.

Pada pasien dewasa, ada beberapa metode yang bisa dilakukan oleh dokter kulit untuk mengobati moluskum kontagiosum, antara lain:

Konsultasi Online

Fasilitas Klinik

Memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kinerja & pelayanan tenaga medis dalam penanganan pasien.

Tenaga Medis Profesional

Peralatan Medis Moderen

Ruang Tindakan

Apotek Tersedia

Laboratorium Lengkap

Visi

Menjadi klinik modern dan profesional yang berdedikasi, berkomitmen dan berintegritas terhadap pelayanan kesehatan setiap individu disetiapkota di Indonesia.

Misi

Memberikan pelayanan kesehatan yang prima, modern dan profesional dengan mengutamakan hati dan kasih sayang terhadap pasien dengan menjunjung tinggi privasi, hak dan kewajiban pasien.

Motto

Dalam pengabdian kepada masyarakat sangat penting berpegang pada motto Perhatian, Proaktif dan Ramah untuk mewujudkan cita-cita sebagai Klinik Spesialis dan Laboratorium yang peduli terhadap Kesehatan Masyarakat.

Reservasi & Konsultasi Dokter Online

TESTIMONI

Prioritas kami memberikan
pelayanan terbaik.

LEGALITAS

Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

FASILITAS KLINIK UTAMA PANDAWA

image
image
image
image
image
KLINIK UTAMA PANDAWA

No 1 Di Indonesia

Klinik Utama Pandawa merupakan klinik moderen dengan tenaga medis yang berpengalaman dan profesional, dengan pilihan layanan medis Spesialis Kulit & Kelamin, Spesialis Estetika & Anti Aging, Spesialis Gigi & Mulut, Spesialis Ginecologi, Spesialis Andrologi dan Spesialis Bedah. Kepuasaan dan kesembuhan pasien menjadi prioritas kami.

Jaminan Harga & Kualitas

KLINIK UTAMA PANDAWA siap memberikan jaminan harga, kualitas dan kerahasiaan rekam medis pasien. Kami bekerja secara professional dan berintegritas terhadap semua pasien serta mematuhi semua peraturan dan perundang-undangan medis atau kedokteran indonesia.

Tenaga Medis Profesional

KLINIK UTAMA PANDAWA memiliki Dokter ahli dan berpengalaman di bidangnya serta professional, perawat yang tersertifikasi dan professional, peralatan medis lengkap dan modern, laboratorium, apotik, penunjang medis USG, rontgen, dan lain-lain.

Berdiri Sejak 2012

KLINIK UTAMA PANDAWA didirikan oleh beberapa dokter yang berpengalaman, ahli dan konsen di kasus-kasus yang berhubungan dengan penyakit andrologi, ginekologi, bedah, kulit dan kelamin.

Fasilitas Lengkap

KLINIK UTAMA PANDAWA memiliki ruangan pemeriksaan, ruangan operasi, ruangan kolposkopi, ruangan infus / suntik, ruang tunggu, ruangan apotik, ruangan laboratorium, ruangan USG, dan lain-lain yang semua ruangan terpasang AC. Selain itu berada di pusat perbelanjaan dan perkantoran, mall manga dua square dan mall lainnya, berada dipinggir jalan raya, berada di office building gedung baja yang nyaman, dekat dengan stasiun kereta api, bus way, bandara soetta.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy