Klamidia : Gejala, Bahaya, Komplikasi dan Pengobatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Penyakit Chlamydia
Klamidia disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui kontak seks.

Klamidia atau Chlamydia yakni penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Chlamydia yang tidak lantas diobati bisa meningkatkan risiko kemandulan, lebih-lebih pada wanita.

Penyakit ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Pada pria, chlamydia bisa menyerang saluran dalam penis atau uretra. pada wanita, chlamydia bisa terjadi di organ panggul.

Selain organ kelamin, chlamydia bisa menyerang dubur, tenggorokan, dan mata. Penularan terjadi bila komponen tersebut terkena cairan yang dijadikan oleh organ kelamin.

Banyak orang tak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi bakteri Chlamydia, sebab penyakit ini sering kali tak memunculkan gejala. Selain organ kelamin, chlamydia bisa menyerang dubur, tenggorokan, dan mata. Penularan terjadi bila komponen tersebut terkena cairan yang dijadikan oleh organ kelamin.

Gejala klamidia pada wanita

  • Sakit perut bawah
  • Keputihan yang jauh lebih banyak dari biasanya dengan warna yang cenderung kuning serta berbau busuk
  • Perdarahan yang terjadi di antara siklus haid
  • Demam ringan
  • Sakit saat seks
  • Perdarahan setelah berhubungan seks
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering
  • Pembengkakan di vagina atau sekitar anus
  • Iritasi di rektum

Gejala klamidia pada pria

  • Rasa sakit dan terbakar saat buang air kecil
  • Penis mengeluarkan cairan berupa nanah, cairan yang encer, atau putih dan kental seperti susu
  • Testis bengkak dan nyeri saat ditekan
  • Iritasi pada rektum

Berbagai gejala ini tidak selalu muncul pada orang yang terinfeksi klamidia. Ada orang yang bahkan tidak memiliki gejala sama sekali. Jika Anda mengalami satu atau lebih gejala, termasuk yang tidak disebutkan di atas, segera konsultasikan ke dokter.

Penyebab Klamidia

Chlamydia disebabkan oleh kuman chlamydia trachomatis. Penyakit ini, bias menular lewat seks anal, oral, vaginal, dan saling bersentuhannya alat kelamin. Selain itu, mainan seks yang tidak dicuci bersih atau dilapisi kondom baru juga dapat menjadi media penularan chlamydia.

Cairan seksual yang keluar dari alat kelamin penderitanya dapat menularkan kuman ini walaupun tanpa orgasme, ejakulasi, atau penetrasi. Risiko terjangkit chlamydia dapat meningkat kalau berhubungan seksual berganti-ganti pasangan atau dengan banyak orang.

Namun penting untuk diingat bahwa penyakit kelamin ini tidak dapat ditularkan melalui:

  • Dudukan toilet yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi
  • Berbagi sauna dengan orang yang terinfeksi
  • Berbagi kolam renang yang sama dengan orang yang terinfeksi
  • Berbagi makanan dan minuman yang sama
  • Ciuman, pelukan, dan pegangan tangan
  • Permukaan yang sebelumnya disentuh oleh orang yang terinfeksi
  • Berdiri di dekat orang yang terinfeksi dan menghirup udara setelah mereka batuk atau bersin

Faktor Risiko terkena Klamidia

Klamidia disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui kontak seks. Namun, hanya melalui cairan genital saja infeksi tersebut dapat ditularkan, bukan kontak ciuman, berpelukan, atau mandi bersama. Klamidia juga tidak ditularkan lewat air di kolam renang, toilet, tempat duduk, alat makan, maupun bertukaran pakaian.

Kamu bisa terkena klamidia jika:

  • Melakukan hubungan seksual, baik secara vaginal, anal, atau oral
  • Melakukan seks dengan menggunakan sex toys tanpa mencucinya setelah pemakaian sebelumnya atau tidak dilapisi kondom ketika pemakaian
  • Bila Genital kamu dan pasangan saling bersentuhan, meski tidak ada penetrasi, orgasme, maupun ejakulasi
  • Masuknya Cairan vagina atau air mani yang terinfeksi melalui mata kamu
  • Jika kamu sedang hamil dan terinfeksi klamidia, otomatis bayi kamu juga bisa tertular

Selain itu, klamidia bisa menular melalui rektum perempuan dan laki-laki. Hal tersebut terjadi karena seks anal. Biasanya hampir tidak ada gejala yang ditunjukkan, tetapi infeksi ini dapat menyebabkan nyeri di dubur, keluar cairan, dan perdarahan dari dubur. Sehingga perlu diperhatikan oleh kamu.

Komplikasi Klamidia

Kalau tidak ditangani dengan pas, penyakit klamidia dapat menyebar dan memunculkan gangguan kesehatan jangka panjang. Berikut ini beberapa komplikasi chlamydia pada pria:

Epididimitis, yaitu peradangan yang terjadi pada epididimis yang yaitu komponen dari metode reproduksi pria dan saluran untuk sperma dari testikel. Penyakit ini memunculkan gejala membengkaknya epididimis dan rasa nyeri. Kalau tidak seketika ditangani, infeksi dapat menyebabkan munculnya cairan atau malah bisul, dan seandainya telah parah dapat menyebabkan kemandulan.

Reactive arthritis, yaitu peradangan yang terjadi pada persendian dan lebih banyak menimpa pria dibandingi wanita. Obat pereda nyeri antiinflamasi non-steroid, seperti ibuprofen, dapat untuk mengontrol gejala reactive arthritis. Umumnya gejala akan membaik dalam waktu 3 bulan hingga setahun, melainkan kondisi ini dapat kembali lagi.

Uretritis, yaitu peradangan yang terjadi pada saluran pembuangan air kemih atau uretra. Situasi ini lazimnya memiliki gejala, seperti sering dan tidak cakap menahan membuang air kecil, terasa sakit atau perih ketika membuang air kecil, kulup atau ujung Mr P mengalami iritasi dan terasa sakit, dan ujung Mr P mengeluarkan cairan kental berwarna putih.

Sedangkan komplikasi klamidia pada wanita, yaitu:

Servisitis, yaitu peradangan yang terjadi pada leher rahim atau serviks. Beberapa gejala cervicitis yang dapat terjadi adalah perut bagian bawah terasa nyeri, sakit saat berhubungan seksual, pendarahan yang terjadi saat atau usai berhubungan seksual, dan pendarahan di antara masa menstruasi.

Penyakit radang panggul, yaitu kondisi di mana ovarium, rahim dan tuba fallopi mengalami infeksi. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa meningkatkan risiko kehamilan ektopik atau pertumbuhan janin di luar rahim dan keguguran. Penyakit ini bisa menyebabkan panggul terasa sakit secara terus-menerus dan kemandulan.

Bartholinitis, yaitu kondisi kelenjar Bartholin yang membengkak. Kelenjar bartholin berperan untuk memproduksi cairan pelumas pada wanita saat berhubungan seksual. Kista kelenjar Bartholin dapat terjadi jika kelenjar tersumbat dan mengalami infeksi, serta bisa menyebabkan abses yang terasa sakit saat disentuh, perih, berwarna merah dan bisa menyebabkan demam. Obat antibiotik harus digunakan untuk mengatasi abses yang terinfeksi.

Salpingitis, yaitu peradangan yang terjadi pada tuba fallopi yang menyebabkan sel telur dari ovarium sulit untuk menuju rahim dan membuat pengidapnya sulit hamil. Risiko mengalami kehamilan di luar rahim atau ektopik akan meningkat, walau sumbatan di tuba fallopi hanya sebagian.

Bahaya Klamidia

Bahaya dari penyakit Chlamydia tak main-main. Bagi wanita, infeksi yang terjadi bisa merusak tuba fallopi di rahim, membikin seorang wanita kehilangan peluang untuk hamil. Selain itu, bila terjangkit ketika hamil, karenanya seorang wanita hamil memiliki kemungkinan besar menularkan penyakitnya terhadap anak yang dikandungnya, menyebabkan abnormalitas.

Demikian juga bagi pria, infeksi Chlamydia trachomatis bisa berujung pada timbulnya infeksi pada organ-organ kelamin lainnya seperti infeksi lubang dubur, infeksi saluran kencing, dan infeksi saluran air mani.

Pengobatan Klamidia Di Klinik Pandawa Jakarta

Baiknya bila kamu mengalami hal seperti di atas, konsultasikan kepada dokter ahlinya, agar tidak salah dalam menjalani pengobatanan. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit chlamydia. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit menular seksual dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.