PENYAKIT NEVUS : GEJALA, PENYEBAB, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

Tompel atau Nevus
Bila semakin membesar Penyakit Nevusbisa menjadi berbahaya karena akan menimbulkan beberapa komplikasi yang menyerang saraf.

 

 

Anda pernah melihat tompel raksasa? Besar dan berbulu? Jika iya, jangan pernah menganggapnya sepele. Karena penyakit Nevus Pigmentosus dari bahasa kedokteran ini, bisa menjadi kanker kulit yang membahayakan bila terus tumbuh dan membesar.

Nevus pigmentosus atau tompel memang lazim ditemui di masyarakat. Hanya saja, banyak dari mereka kurang peduli dan acuh sehingga menganggapnya sebagai tanda lahir biasa. Sekadar info, salah satu penyakit Nevus bernama Giant Hairy Congenital Melanocytic Nevus (CMN) merupakan penyakit yang berbahaya. Pasalnya, 10-15% CMN bisa berkembang menjadi ganas.

Pada penyakit Nevus, tompel yang semakin tumbuh ini, bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit lainnya. Penderita pun harus ekstra waspada jika tidak ingin area kulit semakin menyebar bercak hitam dengan ukuran yang sangat besar.

 

Pengertian Penyakit Nevus

Apa itu penyakit Nevus CMN? Nevus CMN merupakan bercak hitam berbulu pada tubuh yang ukurannya sangat besar. Bahkan untuk kasus-kasus tertentu CMN bisa saja memenuhi 70 persen tubuh. Tentu saja, hal ini bisa membahayakan nyawa si penderitanya.

Jika cuma berupa nevus pigmentosus atau tompel atau tahi lalat sekalipun, pastinya tak akan berbahaya sama sekali terhadap kondisi tubuh. Namun, bila berukuran besar dan berdampak pada kesehatan, tentu akan sangat membahayakan. Terlebih, bila terus menerus tumbuh dan beresiko kanker.

 

Gejala Penyakit Nevus

Meski pada dasarnya, Nevus atau tompel tak memberikan gejala yang meresahkan. Walaupun begitu, Anda harus memahami gejala Nevus yang bisa membuatnya menjadi semakin berbahaya, seperti:

  • Muncul luka dan perdarahan tiba-tiba di area Nevus
  • Besaran bercak semakin membesar dan berwarna semakin gelap
  • Terjadi penyebaran ke area kulit sekitarnya
  • Terlihat bercak yang lebih kecil mengelilinginya
  • Kondisi kulit meradang dengan tiba-tiba
  • Mulai terasa nyeri
  • Semakin gatal disekelilingnya

 

Penyebab Nevus

Bila ditarik benang merah apa yang menjadi penyakit Nevus atau tompel belumlah diketahui. Karena Nevus berasal dari sel-sel melanosit pembentuk warna kulit dan rambut. Penyakit Nevus atau tompel ini muncul biasanya saat lahir atau setelah lahir. Biasanya ditemui di kelompok usia dewasa dan jumlahnya sedikit menurun pada orang tua.

 

Komplikasi Nevus

Seperti disinggung sebelumnya CMN merupakan salah satu Nevus yang berbahaya dan patut diwaspadai.  Bila bayi yang mengidap penyakit ini, gangguan tumbuh kembang akan menjadi bermasalah.

Seandainya tidak segera ditangani, Nevus yang terpapar sinar matahari, polusi, dan bahan kimia dapat berkembang menjadi melanoma (salah satu kanker kulit).

Komplikasi lainnya yakni neurocutneous melanocytosis yang berupa gangguan saraf. Ketika produksi sel melanin meningkat (pelindung sel kulit), maka melanin pun bisa masuk ke otak atau tulang belakang. Dimana banyak berkumpul saraf-saraf utama.

Meski beresiko kecil, hanya 7 persen, pasien dengan komplikasi ini dapat mengalami gangguan saraf. Diantaranya kejang, pingsan, hingga muntah-muntah.

Cara Mengobati Nevus

Rata-rata Nevus Pigmentosus tidak memerlukan terapi, kecuali bila penderita memang memilih untuk mengangkat nevus yang bersangkutan. Atau Nevus tersebut terindikasi bisa menjadi ganas dan disarankan dokter untuk dioperasi.

Metode eksisi dianggap menjadi salah satu solusi untuk dijadikan terapi mujarab. Gangguan kulit ini dianggap berpotensi untuk tumbuh dan mengganas bisa dilakukan bedah operasi.  

Prosedur ini terbilang aman dengan standar operasional dan tingkat kesterilan yang baik, sehingga tidak terjadi efek samping yang mengkhawatirkan setelah operasi. Namun disebabkan berasal dari sel-sel melanosit yang melindungi kulit dari kerusakan, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya nevus.

Pengobatan Untuk Penyakit Nevus

Umumnya, gangguan kulit ini tidak membutuhkan terapi atau treatment lain kecuali memang pasien sendiri yang menginginkan nevus tersebut diangkat. Treatment ini juga biasa dilakukan ketika dokter mulai mencurigai nevus tersebut mengalami perubahan yang mengarah keganasan.

Terapi yang biasa dipilih adalah terapi eksisi sederhana. Eksisi merupakan operasi kecil yang dilakukan dengan melakukan anastesi setempat dan bisa dilakukan oleh dokter umum tanpa harus masuk ke dalam kamar operasi.

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Nevus Di Klinik Estetika Pandawa?

Klinik Estetika Pandawa, salah satu klinik estetika dan skin care terbaik di Jakarta. Klinik ini menangani beragam masalah penyakit kulit secara professional. Salah satunya, mengobati Nevus yang mengganggu.

Seperti diketahui, Nevus merupakan masalah kulit yang bisa menurunkan tingkat percaya diri bagi wanita. Solusinya, Nevus bisa dihilangkan melalui Klinik Pandawa dengan pengobatan chemical melalui krim, chemical peeling, dan mekanik melalui terapi laser, nano fraksional.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lengkap? Silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Kami untuk menentukan perawatan lebih cocok untuk masalah kulit Anda.

Berbagai keluhan dan kelainan kulit seperti Acne Scar, Hiperpigmentasi, Selulit, Stretch Mark, Lentigo, dan lainnya akan ditangani ahlinya. Pasien bisa lebih nyaman untuk berkonsultasi dan dapat memilih berbagai macam model treatment.

Dokter akan membantu menjelaskan dan merekomendasikan treatment apa saja yang disesuaikan dengan kondisi kulit dan kelainan kulit yang dialami pasien.

Kami memiliki banyak pasien dengan kasus Nevus, Stretch Mark, Penuaan dini, Kulit kendur, Pigmentasi dan lainnya. Hasilnya, banyak pasien mengaku puas dengan pelayanan medis dan perawatan yang Kami berikan.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman