Ingin Wajah Cerah Bercahaya! Coba Peremajaan Kulit Dengan Chemical Peel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

chemical peelChemical peel adalah salah satu dari banyak metode yang ditawarkan untuk mempercantik kulit wajah. Baik laki-laki maupun wanita pasti berharap memiliki kulit wajah yang cantik, mulus, sehat dan bercahaya apapun warna kulitnya.

Sayangnya kulit wajah umumnya akan semakin kasar dan kusam seiring dengan bertambahnya usia. Perubahan tersebut biasanya terjadi ketika menginjak usia 30 tahunan.
Pada usia tersebut timbul hambatan pengelupasan pigmen pada sel kulit yang berperan untuk meregenerasi sel-sel kulit mati. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan kulit wajah tampak kusam dan kering.

Saat ini semakin banyak metode kecantikan yang telah dikembangkan untuk meremajakan kulit, salah satunya adalah chemical peel.  Chemical peel merupakan perawatan untuk mempercantik kulit wajah dengan cara mengupas lapisan kulit terluar sehingga struktur permukaan kulit akan menjadi lebih baik.

Ketahui apa itu chemical peel, jenis, manfaat dan prosedurnya melalui artikel berikut ini.

 

Definisi Chemical Peel

Chemical peel merupakan prosedur perawatan kulit dengan melakukan tindakan eksfoliasi (pengelupasan kulit) yang bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit paling atas sehingga mempercepat proses regenerasi sel kulit yang dapat diaplikasikan pada wajah, tangan dan leher. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit bagian luar ini dilakukan untuk peremajaan kulit, seperti mengatasi ketidakrataan warna kulit, mengatasi kerutan, memulihkan bekas luka dan bekas jerawat yang ada pada kulit wajah.

Prosedur perawatan kulit ini akan membantu menghilangkan sel- sel kulit mati dan menggantinya dengan lapisan kulit baru yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan, keindahan, dan kebersihan pada bagian kulit wajah, leher, atau lengan.

Setelah proses chemical peeling dilakukan, kulit baru yang muncul di bawahnya akan terasa lebih lembut, tampak tidak keriput dan mempunyai kerusakan yang lebih sedikit.

Peeling merupakan salah satu prosedur perawatan kulit yang umum dilakukan sehingga Anda tidak perlu takut untuk melakukannya. Prosedur ini aman selama dilakukan oleh dokter profesional karena tekniknya tergolong berteknologi rendah.

Prosedur chemical peel umumnya dilakukan dengan mengaplikasikan atau mengoleskan larutan kimia khusus pada area kulit yang akan menjalani perawatan. Jenis larutan kimia yang dipakai umumnya disesuaikan dengan kondisi kulit pasien serta jenis chemical peel yang akan dilakukan. Larutan kimia tersebut akan membuat lapisan kulit luar terkelupas, namun akan dapat tumbuh kembali dan digantikan oleh sel kulit baru yang lebih muda dan lebih halus. Prosedur kecantikan chemical peel umumnya dilakukan oleh tenaga professional atau dokter berpengalaman untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan kedepannya. Hal ini dikarenakan chemical peel merupakan prosedur medis.

 

Jenis-Jenis Chemical Peel

Terdapat beberapa jenis chemical peel. Jenis chemical peel bervariasi berdasarkan tujuan dan cara pengaplikasiannya. Begitu pula dengan cara kerja larutan chemical peeling dalam merawat kulitmu serta proses perawatan setelah tindakan dilakukan.  Ada tiga jenis chemical peel, yaitu:

  • Superficial Chemical Peel atau Peeling Dangkal

Jenis chemical peel ini dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit (epidermis). Peeling ini hanya menembus lapisan terluar kulit untuk pengelupasan kulit secara lembut. Manfaat dari peeling ini antara lain mengecilkan pori-pori, mengurangi kulit berminyak, membersihkan sebum, mengurangi garis-garis halus, mengatasi warna kulit yang tidak merata, dan mengatasi kulit kering serta jerawat,

Prosedur ini sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan agar memperoleh hasil yang optimal. Peeling dangkal menggunakan larutan kimia dengan asam derajat yang ringan agar proses pengelupasan kulit terjadi secara lembut.

Setelah melakukan prosedur peeling jenis ini, sebaiknya gunakan pelembab dan tabir surya setiap hari secara teratur hingga kulit sembuh. Prosedur peeling jenis ini membutuhkan kurang lebih 1-7 hari untuk sembuh.

  • Medium Chemical Peeling atau Peeling Sedang

Tipe chemical peel ini dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada lapisan epidermis dan bagian atas demis, yakni lapisan di bawah epidermis. Jenis peeling ini menembus lapisan luar dan tengah kulit pada saat membuang sel-sel kulit yang rusak.

Peeling ini bermanfaat untuk mengatasi hiperpigmentasi, bekas jerawat, kerutan sedang dan kasar, kerusakan akibat paparan matahari yang parah dan kulit kasar.

Medium chemical peeling menggunakan larutan kimia dengan asam derajat yang medium.

Kulit akan memerah dan terjadi pembengkakan (memberat pada 48 jam pertama) setelah pengaplikasian larutan kimia dan ada kemungkinan terbentuk luka lepuh dan pecah. Pada tahap selanjutnya, kulit akan berkerak dan mengelupas dalam waktu kurang lebih 1-2 minggu.

Sebaiknya Anda mengoleskan losion atau krim pada area yang dilakukan perawatan serta menghindari paparan sinar matahari hingga proses penyembuhan selesai. Prosedur ini membutuhkan kurang lebih sekitar 7-14 hari untuk sembuh. Penggunaan riasan diperbolehkan hanya setelah 1 minggu sejak prosedur peeling ini dilakukan.

  • Deep Chemical Peeling atau Peeling Dalam

Deep chemical peeling dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati pada lapisan epidermis dan bagian tengah hingga bawah lapisan dermis. Jenis peeling ini umumnya bertujuan untuk mengatasi garis-garis halus sedang, corak yang tidak rata, garis vertical di sekitar mulut, kerusakan kulit akibat sinar matahari, kerutan wajah yang lebih dalam, bekas luka, serta pertumbuhan kelainan kulit pra-kanker. Peeling ini menembus secara dalam lapisan tengah kulit untuk membuang sel-sel kulit yang rusak.

Prosedur peeling ini hanya dapat dilakukan pada kulit wajah saja. Hal ini disebabkan kulit leher dan tangan cenderung lebih halus dan lebih tipis.

Peeling dalam ini memerlukan waktu sekitar 14-21 hari untuk sembuh. Bagian tubuh yang diterapi akan diperban. Kulit wajah yang diterapi harus dirawat 4-6 kali sehari selama 14 hari pertama. Sebaiknya menghindari semua paparan sinar matahari selama 3-6 bulan. Jika ingin memakai riasan, maka sebaiknya menungu setelah 14 hari dari peeling dilakukan.

 

Manfaat Chemical Peel

Beberapa manfaat menjalani perawatan kulit dengan metode chemical peel, antara lain untuk mengatasi:

  • Kerusakan kulit akibat paparan matahari seperti keriput atau kerutan yang disebabkan oleh penuaan
  • Jenis jerawat tertentu dan bekas jerawat
  • Hiperpigmentasi / warna kulit tidak merata yaitu kondisi ketika bercak yang ada di kulit lebih gelap daripada kulit sekitarnya.
  • Bekas luka karena berbagai sebab
  • Melasma yang diakibatkan oleh bekas melahirkan dan penggunaan pil KB
  • Kulit wajah yang kemerahan
  • Kusam pada kulit
  • Garis halus pada wajah, umumnya di sekitar bawah mata dan di sekitar mulut
  • Pori-pori yang besar
  • Keratosis seboroik yang muncul pada kulit
  • Kutil pada kulit
  • Milia yang timbul pada kulit

 

Prosedur Chemical Peel di Klinik Pandawa

Sebelum menjalani chemical peel, dokter akan menyarankan jenis chemical peel yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, Anda pun perlu melakukan beberapa hal berikut:

  • Sebaiknya tidak menggunakan kosmetik atau skincare yang mengandung retinol atau retin-A dalam waktu 48 jam sebelum tindakan.
  • Menginformasikan kepada dokter mengenai jenis obat dan skincare yang biasa dipakai sehari-hari.
  • Beri tahu dokter apabila mempunyai luka terbuka.
  • Tidak menggunakan produk yang mengandung retinoid setelah melakukan chemical peel
  • Memberi tahu dokter apabila mempunyai riwayat menderita :
  1. Herpes atau sedang menderita infeksi yang disebabkan jamur, virus, atau bakteri.
  2. Peradangan kulit, seperti psoriasis atau eksim atopik
  3. Atau sedang mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan kulit menjadi sensitif selama 6 bulan terakhir, misalnya isotretinoin.
  4. Kanker kulit, terutama kanker kulit melanoma di bagian wajah
  5. Terbentuknya jaringan parut abnormal dan keloid (bekas luka), terutama untuk pasien peeling kategori sedang dan berat
  6. Penyakit jantung, ginjal, atau hati

 

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik kecantikan terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan untuk chemical peel. Dokter yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan chemical peel.

Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layanan konsultasi. Dapatkan promo menarik setiap bulannya untuk berbagai layanan kecantikan di Klinik Pandawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *