Penyakit Kelamin Bisa Menyerang Dua Kali, Nggak Percaya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Bila Anda pernah mengalami penyakit kelamin, sebaiknya memiliki tingkat kewaspadaan lebih. Sebab, baik penyakit kelamin pada laki-laki ataupun penyakit kelamin pada wanita bisa kambuh lagi.

Tak bisa dipungkiri bila penyakit kelamin seperti klamidia, gonore, sipilis, dan trikomoniasis memang dapat diobati dengan pemberian tindakan yang tepat dari dokter. Namun, walau sudah sembuh, penyakit menular seksual ini tetap harus diwaspadai.

Pasalnya, Anda bisa saja terkena penyakit kelamin serupa. Sehingga bisa berpotensi terkena penyakit menular seksual itu secara berulang.

Baca juga : Sakit pada Penis, Silakan Identifikasi Penyakitnya!

Infeksi Penyakit Kelamin, Apakah Bisa Kena Dua Kali?

infeksi penyakit kelamin
Infeksi penyakit kelamin bisa menyerang berulang kali. Kondisi ini disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat.

Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Anda yang pernah terjangkit penyakit menular seksual harus ekstra hati-hati dalam menjaga alat vital. Sebab, segala penyakit kelamin yang Kami sebutkan di atas memiliki potensi untuk kembali menggejala.

Misal, sebelumnya Anda terkena gonore atau penyakit kencing nanah. Meski sudah sembuh dan diobati secara tuntas bisa saja penyakit seksual yang sama kembali menghampiri. Anda pun bisa terinfeksi kencing nanah lagi bila tak menjaga bagian genital yang sensitif tersebut.

Yang lebih menakutkan, apabila Anda terkena penyakit HIV, herpes oral, herpes genital, maka penyakit menular seksual itu akan terus mengintai seumur hidup. Seperti dikutip dari Very Well Health, bahwa terjadinya penyakit kambuhan itu bergantung jenis penyakit kelamin yang pernah dialami sebelumnya.

Baca juga : Ragam Penyakit Menular Seksual yang Perlu Diketahui

Penyebab Penyakit Kelamin Kembali Menyerang

penyebab penyakit kelamin
Penyebab penyakit kelamin diantaranya tak tuntas mengonsumsi obat saat penanganan infeksi penyakit kelamin pertama.

Banyak hal yang menyebabkan penyakit menular seksual kembali datang menyerang. Beragam resiko bisa muncul saat melakukan tindakan yang tidak semestinya. Tapi, Anda harus mencermati jenis penyakit seperti apa yang kemudian bakal kambuhan.

Hubungan seksual yang tidak sehat menjadi pemicu tertinggi kenapa infeksi menular seksual kembali menjangkiti. Tak menggunakan kondom dan berganti-ganti pasangan menjadi kebiasaan buruk yang seharusnya dihilangkan bila tidak ingin kembali tertular.

Faktor lain yang membuat Anda kembali terkena penyakit menular seksual, yakni kesalahan saat mengkonsumsi obat. Perlu diketahui, bahwa setiap penyakit kelamin memiliki patogen yang tidak sama. Jadi, pengobatannya pun sudah tentu akan berbeda pula.

Contoh, bila Anda terkena Sipilis dan diberikan antibiotik mungkin akan ampuh dan sembuh segera. Lain halnya, ketika penyakit yang lain menginfeksi. Belum tentu akan bisa menjadi obat yang mujarab. So, Anda harus memastikan obat yang diterima sesuai dengan kebutuhan.

Satu lagi yang biasanya kerap disepelekan bila penyakit tersebut berangsur sembuh. Obat yang harusnya dikonsumsi sampai habis, tetapi tidak dituntaskan. Walhasil, virus yang ada kembali datang dan penyakit kelamin berulang dan sulit sembuh. Karena virus menjadi lebih kebal dibandingkan yang pertama.

Baca juga : Daripada Terkena Parafimosis, Sudah Sunat Saja!

Penyakit kelamin bisa sembuh, asal?

penyakit kelamin bisa sembuh
Penyakit kelamin sebenarnya bisa disembuhkan asal si penderita mengikuti anjuran dokter.

Bila tertib mengikuti aturan yang dianjurkan dokter, bakteri dan parasit penyebab infeksi menular seksual bisa mudah diobati. Sayangnya, segala aturan sering dilanggar oleh sang pasien sehingga kesembuhan bisa berlarut-larut dan menjadi lebih lama.

Datanglah ke dokter yang memang berpengalaman dan memiliki keahlian dalam menangani penyakit kelamin. Tujuannya, agar Anda dan pasangan bisa sembuh total sehingga tak terinfeksi penyakit yang sama berkali-kali.

Ikuti pengobatan dengan tuntas dan jangan setengah-setengah. Pengobatan yang selesai akan membunuh bakteri dalam tubuh dan bisa mencegah datangnya penyakit yang sama kambuh lagi di area kemaluan.

Ajak pasangan untuk melakukan tes penyakit kelamin. Karena biasanya penyakit menular seksual bisa saling menularkan. Bila Anda tidak sebagai pembawa berarti akan menjadi penerima. Artinya, pasangan Andalah yang menjadi sumber penyakit tersebut.

Terakhir, jangan terburu nafsu untuk berhubungan seks selama masa pengobatan. Karena ketika pengobatan bakteri yang masih aktif bisa saling menularkan ke pasangan Anda. Tentu saja hal ini sangat berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *