PRP Treatment, Awet Muda Dengan Darah Kita Sendiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

prp

 

PRP treatment, awet muda dengan darah kita sendiri Untuk memperoleh kulit yang tetap awet muda, banyak orang rela melakukan berbagai cara. Mulai dari memakai berbagai jenis skin care hingga melakukan perawatan kecantikan di klinik atau salon kecantikan. Salah satu perawatan kecantikan yang sudah pernah menjadi tren adalah Platelet rich plasma treatment.

Perawatan platelet rich plasma sering disebut sebagai ‘Vampire Treatment’  karena menggunakan darah milik kita sendiri untuk perawatan kulit. Eits, Anda tidak perlu takut dahulu. Apabila Anda tidak nyaman dengan darah, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Prosedur treatment ini umumnya bersih dan rapi. Darah pasien akan diambil dan diproses menggunakan alat khusus secara steril. Kemudian plasma darah yang telah diproses akan diaplikasikan pada bagian tubuh yang dilakukan perawatan dengan menggunakan suntikan ataupun dermaroller.

PRP treatment diklaim dapat menjadi solusi untuk berbagai permasalahan kecantikan. Saat ini sudah banyak pasien yang menggunakan treatment ini untuk meremajakan kulit. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk menjadi ‘vampir’ dan mencoba metode peremajaan kulit ini?

Mari kita simak pembahasan dibawah ini untuk mengetahui seluk beluk PRP treatment.

 

 

Definisi PRP

PRP adalah singkatan dari Platelet Rich Plasma atau disebut juga sebagai trombosit. Trombosit ialah bagian dari darah yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah. Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit juga kaya akan kandungan protein yang sering dinamakan sebagai faktor pertumbuhan.

Jadi PRP treatment adalah suatu komponen darah yang mengandung banyak faktor pertumbuhan yang berperan penting untuk menyembuhkan luka dan menumbuhkan jaringan kulit yang baru. Pada saat trombosit disuntikkan ke bagian tubuh yang luka atau mengalami kerusakan, maka trombosit tersebut akan melepaskan faktor pertumbuhan ke bagian tubuh tersebut. Faktor pertumbuhan inilah yang nantinya akan memicu penyembuhan dan pembentukan jaringan yang baru.

Kulit yang sehat, mulus, dan lembut sangat dipengaruhi oleh banyaknya serat kolagen yang ada di dalamnya. Seiring bertambahnya usia, kelenturan dan banyaknya kolagen pada kulit akan menurun. Akibatnya akan muncul garis kerutan dan keriput sehingga kulit terlihat kendur.

Penambahan faktor pertumbuhan pada permukaan kulit yang menua dan rentan terhadap radikal bebas, akan dapat membantu meningkatkan peremajaan kulit, elastisitas jaringan, dan memicu proses regenerasi sel.

 

 

Metode PRP Treatment

Metode PRP Treatment adalah metode yang digunakan untuk meremajakan kulit secara alami dengan menggunakan trombosit dalam plasma darah untuk merangsang pertumbuhan jaringan kolagen pada kulit sehingga dapat menimbulkan regenerasi sel-sel kulit baru. Perawatan kulit dengan treatment ini bersifat alami karena dilakukan dengan metode yang berperan untuk memicu pembentukan kolagen dan pertumbuhan sel-sel kulit baru menggunakan trombosit.

Treatment ini tentu lebih aman apabila dibandingkan dengan operasi plastik yang menggunakan bahan sintesis. Sejauh ini, treatment ini tidak menimbulkan reaksi alergi, penolakan, atau pun infeksi pada tubuh pasien karena media utamanya berupa darah yang diambil dari tubuh pasiennya sendiri. Oleh karena itu, resiko infeksi penyakit menular dari treatment ini sangat kecil selama menggunakan alat dan proses yang steril serta sesuai dengan prosedurnya.

 

 

Awal Mula PRP Treatment

Salah satu kelebihan PRP adalah kemampuannya untuk merangsang penyembuhan jaringan lunak.  Awal mulanya, treatment ini dipakai untuk pengobatan pada cedera otot yang umumnya dialami oleh para atlet. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa PRP Treatment dapat membantu proses penyembuhan cedera. Beberapa kondisi yang telah menggunakan treatment  ini, antara lain :

  • Tennis elbow

Tennis elbow ialah rasa nyeri yang timbul pada siku akibat terlalu sering memakai otot lengan, lengan bawah, atau tangan. Dinamai demikian, karena cedera ini umumnya dialami oleh para petenis, namun kondisi ini juga bisa diderita oleh orang yang sering bekerja atau beraktivitas dengan menggunakan kekuatan lengan. Kondisi ini terjadi akibat cedera hebat mendadak ataupun cedera ringan yang terjadi di daerah otot dan tendon (urat) di area sekitar bagian luar siku.

Penelitian menunjukkan PRP treatment dapat menyembuhkan cedera ini lebih baik dari kortikosteroid suntik. Proses penyembuhan di daerah tendon berjalan lambat. Hal ini disebabkan karena tendon mempunyai aliran darah yang sedikit. Dengan treatment ini, trombosit dan berbagai faktor pertumbuhan yang disuntikan langsung ke daerah tendon diharapkan akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

  • Radang tendon lutut kronis. Radang tempurung lutut (patella) ini adalah kondisi-kondisi yang mungkin dapat terbantu penyembuhannya dengan treatment ini.
  • Cedera akut pada otot dan ligamen. Cedera jenis ini biasa dialami oleh para atlet dan umumnya berupa tertariknya otot hamstring di bagian paha dan lutut yang diakibatkan karena terkilir. Banyak atlet profesional yang telah menggunakan treatment ini untuk membantu proses penyembuhan cedera ini.
  • Membantu proses operasi. Perawatan jenis ini juga dipercaya dapat membantu beberapa jenis operasi. Salah satunya adalah operasi bahu untuk memperbaiki tendon yang robek. PRP Treatment juga dapat diterapkan untuk memperbaiki ligamen lutut robek, terutama anterior cruciate ligamen (ACL).
  • Patah Tulang. Treatment ini juga dapat diaplikasikan untuk mengobati patah tulang.

 

 

Manfaat PRP Treatment Untuk Perawatan Kulit

Selain telah digunakan untuk penyembuhan cedera otot seperti disebutkan diatas, treatment ini juga telah diaplikasikan dalam dunia kecantikan pada masa sekarang ini, antara lain bermanfaat untuk:

  • Meremajakan kulit, anti aging dan menghilangkan bekas jerawat

Perawatan ini bertujuan untuk meremajakan pada kulit wajah dan leher, mengurangi garis – garis halus dan menambah volume pada kulit secara alami (anti aging) serta memperbaiki luka bekas jerawat pada wajah, dengan cara memicu pertumbuhan sel-sel baru dan pembentukan kolagen (Acne Scar).

  • Menstimulasi pertumbuhan rambut atau mengurangi kebotakan

PRP treatment juga dapat mengatasi kebotakan akibat alopesia androgenik yang disebabkan oleh gangguan hormon. Alopesia androgenik dapat dialami oleh pria ataupun wanita. Penyakit ini disebabkan adanya kerentanan folikel rambut sehingga mengakibatkan penipisan rambut secara bertahap.

Treatment pada kulit kepala ini berfungsi untuk menambah jumlah rambut pada area tersebut dengan cara menyuntikkan PRP pada kulit kepala.

  • Memperbaiki stretchmark

Stretch mark umumnya terbentuk pada perut, paha dan lengan. PRP Treatment digunakan untuk memperbaiki stretchmark yang terjadi karena peregangan kulit yang relatif cepat dan melebihi kemampuan elastisitas kulit. Peregangan kulit tersebut biasanya dapat menyebabkan beberapa lapisan kulit menjadi pecah.

PRP atau trombosit dalam darah berperan penting untuk mengobati dan memperbaiki kondisi beberapa jaringan dalam tubuh. Kandungan trombosit yang ada dalam PRP bisa mencapai 5-10 kali lipat dari konsentrasi normal. Dengan menambahkan konsentrasi trombosit melalui proses medis, diharapkan dapat membantu proses perbaikan jaringan menjadi lebih cepat.

 

 

Penanganan PRP Treatment di Klinik Pandawa

Proses PRP Treatment umumnya terdiri dari pengambilan darah, pengolahan darah menjadi PRP, dan penyuntikan PRP ke bagian tubuh yang akan dilakukan perawatan. Selain itu, pemeriksaan dengan USG juga dapat diperlukan untuk memastikan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat.

PRP Treatment dilakukan dengan cara mengambil darah pasien melalui intravena sebanyak 10-20ml (sesuai kebutuhan). Sampel darah pasien yang telah diambil akan dimasukkan ke dalam tabung khusus yang kemudian disentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi dalam mesin khusus).

Selanjutnya platelet akan terpisah dengan komponen darah lainnya sehingga didapatkan Platelet Rich Plasma (PRP). PRP yang wujudnya menyerupai serum, yaitu berwarna bening kekuningan, siap disuntikkan ke bagian tubuh hingga meresap ke bagian kulit terdalam.

Dokter biasanya akan memakai metode lain seperti dermapen atau dermaroller beserta micro-needle (serangkaian jarum-jarum kecil) untuk membantu proses penetrasi serum ke dalam pori-pori. Injeksi yang menggunakan PRP umumnya berlangsung secara lebih natural  dan tahan lama.

Klinik pandawa sebagai salah satu klinik kecantikan terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan untuk PRP Treatment. Dokter kecantikan yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan PRP Treatment.

Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter kecantikan kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layanan. Dapatkan promo menarik setiap bulannya untuk berbagai layanan kecantikan di Klinik Pandawa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman