Cauterisasi, Cara Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Aman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

cara menghilangkan tahi lalat
Tahi lalat adalah bintik kecil dengan warna cokelat atau kehitaman yang muncul di atas permukaan kulit.

 

Sahabat Pandawa punya tahi lalat? Menjadi pemanis atau malah pengganggu? Jika tumbuh semakin besar dengan warna, tekstur, dan menonjol, Anda pasti menjadi minder dibuatnya. Apalagi, bila tumbuh di tempat yang tidak semestinya, seperti di area wajah. Penampilan menjadi tak sedap dipandang dan tingkat percaya diri pun akan berkurang.  Bagi Sahabat Pandawa yang ingin mengetahui cara menghilangkan tahi lalat di wajah, wajib baca artikel ini sampai selesai.

Sebenarnya apa definisi tahi lalat? Tahi lalat adalah bintik kecil dengan warna cokelat atau kehitaman yang muncul di atas permukaan kulit.

Seperti diketahui, tahi lalat umumnya memiliki variasi yang beragam. Diantaranya, ada yang halus dan ada pula yang kasar. Sementara untuk bentuk bisa bervariasi ada tahi lalat berbentuk bulat, oval, dan menonjol. Bahkan ada pula yang berbulu.

 

Penyebab Tahi Lalat

Bagi orang normal, pertumbuhan tahi lalat berjumlah 10-40 buah dengan rentang usia 0-25 tahun. Baik muncul saat lahir ataupun sesudah lahir hingga menginjak dewasa. Meski berjumlah banyak (sampai 40 buah) tahi lalat bukan merupakan penyakit tertentu.

Adapun beragam ciri tahi lalat, diantaranya :

  • Aneka tahi lalat memiliki variasi warna, seperti cokelat, hitam, merah muda, atau biru.
  • Ragam bentuknya juga bervariasi. Seperti bulat atau oval.
  • Bila dipegang dan diraba, tekstur tahi lalat pun ada yang rata, kasar, atau menonjol.
  • Untuk diameter normal, besar tahi lalat tidak akan lebih dari 6 mm.
  • Tersebar di seluruh tubuh. Seperti di ketiak, kulit kepala, di sela-sela jari tangan atau kaki.

 

Penyebab tahi lalat biasanya dikarenakan adanya melanosit yang berkumpul di permukaan kulit. Melanosit tersebut kemudian menjadi satu, lalu membentuk pigmen dan pada akhirnya akan menutupi permukaan kulit.

Sumber lain dari beberapa ahli mengatakan, bahwa faktor genetik bisa saja mewariskan genetik tahi lalat secara turun temurun.  Jadi, bila seseorang memiliki banyak tahi lalat, besar kemungkinan keturunannya dapat mengalami hal yang sama. Meski belum terbukti sepenuhnya.

 

Tahi Lalat Berbahaya

Jangan sepelekan tahi lalat bila terus tumbuh dan membesar. Pasalnya, bisa jadi tahi lalat yang Anda punya berpotensi berbahaya bagi kesehatan. Selain mengganggu penampilan, tahi lalat besar juga bisa menyebabkan kanker kulit melanoma.

Pada kanker kulit melanoma bentuk fisiknya berbeda dengan tahi lalat normal. Biasanya pada kanker kulit melanoma ukuran dan bentuknya tak beraturan. Tidak simetris dengan diameter lebih besar dari 6 mm. Tahi lalat seperti ini sering terasa gatal dan mengeluarkan darah.

Kanker kulit melanoma rentan dialami oleh orang yang sering terpapar radiasi ultraviolet. Selain itu, tahi lalat dengan potensi kanker melanoma juga bisa muncul akibat dari genetik atau sudah pernah mengalami melanoma sebelumnya.

 

 

Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Klinik Estetika Pandawa

Saat pertama kali datang, pasien yang ingin menghilangkan tahi lalat akan melakukan anamnesis (wawancara) dengan dokter. Kemudian dokter akan memeriksa kondisi kulit dan tahi lalat yang dimiliki.

Jika dirasa mengganggu, dokter akan melakukan tindakan menghilangkan tahi lalat dengan cauterisasi. Prosesnya pun hanya berlangsung beberapa menit. Pertama, dokter akan membersihkan area sekitar tahi lalat untuk menghilangkan kuman dengan menggunakan obat antiseptik.

Kedua, setelah dibersihkan pengangkatan tahi lalat dengan cauterisasi pun dilakukan secara perlahan. Setelah tahi lalat sudah sempurna diangkat, salep antibiotik dioleskan untuk mencegah terjadinya infeksi di bekas luka. Setelah selesai, Anda pun sudah bisa kembali beraktivitas kembali seperti semula.

Bila Anda ingin mengetahui treatment apa saja yang ada di Klinik Kami, Anda bisa berkunjung ke channel Youtube : Klinik Estetika Pandawa.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik  bit.ly/2VdMqLL .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman