Begini Cara Menghilangkan Melasma di Wajah Dengan Cepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

cara menghilangkan melasma

Begini Cara Menghilangkan Melasma di Wajah Dengan Cepat – Melasma merupakan salah satu kondisi kulit yang menimbulkan pergantian corak pada kulit.  Pemicu melasma beraneka ragam mulai dari hormonal sampai paparan sinar ultraviolet.  Kondisi ini tidak berbahaya, namun dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, kita harus tahu bagaimana cara menghilangkan melasma di wajah dengan cepat. Yuk, simak artikel di bawah ini.

Definisi

Apa itu Melasma?

Chloasma, atau lebih dikenal dengan melasma adalah suatu masalah kulit yang menyebabkan kondisi wajah menjadi bercak berwarna cokelat hingga abu-cokelat pada wajah. Kebanyakan orang yang mengalami dibagian pipi, batang hidung, dahi, dagu, dan di atas bibir atas. Cholasma juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya yang sering terkena sinar matahari, seperti lengan bawah dan leher.

 

Penyebab Melasma

Apa Penyebab Munculnya Melasma?

Penyebab ini terjadinya melasma masih belum jelas. Kemungkinan, cholasma terjadi ketika sel-sel pembuat warna kulit (melanosit) memproduksi terlalu banyak warna. Orang yang berkulit gelap rentan terkena kondisi ini karena memiliki melanosit yang lebih aktif darpada mereka yang berwarna kulit terang.

Melasma memiliki kecendrungan genetic. Hal ini tidak berarti kalau melasma akan serta merta diturunkan dari orang berumur pada anaknya. Namun, mereka dengan riwayat keluarga memiliki melasma akan lebih rentan terkena melasma.

Beberapa faktor yang memicu terjadinya melasma, yaitu:

  • Paparan matahari
  • Perubahan hormon
  • Kosmetik

Tanda-Tanda dan Gejala

Kenali Gejala Melasma

Melasma nampak bagaikan zona yang bercorak lebih hitam dari kulit sekelilingnya( hiperpigmentasi) ataupun bercak cokelat pada kulit. Area ini tidak memiliki keluhan gatal ataupun nyeri. Walau demikian, dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Terdapat tiga pola persebaran melasma, yaitu:

  • Centrofacial: mempengaruhi dahi, pipi, hidung, bibir atas, dan dagu
  • Malar: mempengaruhi pipi dan hidung
  • Mandibular: mempengaruhi area rahang bawah
  • Meski tidak sering, ada kemungkinan melasma bisa ditemui pada leher serta lengan bawah..

Mereka yang terkena melasma umumnya tidak menyukai penyakit ini sebab sangat mengganggu penampilan. Hal itu membuat mereka sangat bergantung pada make- up buat menutupinya.

Treatment di Klinik Estetika Pandawa

Cara menghilangkan Melasma dapat dilakukan dengan laser Lutronic Spectra XT. Dengan berbagai kondisi Melasma, pengobatannya pun beragam. Ada yang menggunakan salep untuk menghilangkan Melasma. Terdapat pula dengan memakai Laser dengan Lutronic Spectra XT dengan panjang gelombang 595nm serta 1064nm.

Alat modern ini dapat menyamarkan bercak cokelat dalam 8-10 perawatan. Bergantung dari banyaknya bercak melasma yang ingin dihilangkan. Sementara untuk rentang waktu di setiap perawatan berkisar 1-2 minggu. Sementara prosedur lain untuk menghilangkan Melasma bisa dilakukan. Oiya, prosedur perawatan dengan modalitas ini hanya bisa dieksekusi oleh dokter ahli. Jika tidak, akan muncul masalah kulit baru yang bisa membuat kulit iritasi.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis ke nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik konsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman